Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Aman Bersihkan Layar Head Unit yang Penuh Sidik Jari

Kompas.com - 26/08/2020, 11:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mobil modern yang dikeluarkan oleh pabrikan otomotif sudah dilengkapi oleh head unit dengan fitur layar sentuh. Namun biasanya, layar head unit ini cepat terlihat kotor, karena memang difungsikan menggunakan jari tangan.

Kondisi layar yang kotor seperti terlihat banyak sidik jari, bisa membuat sensitivitas layar sentuh berkurang. Tapi, ada cara mudah untuk membersihkannya.

“Biasanya layar sentuh sensitif terhadap kotoran dan minyak, apalagi saat tangan kita kotor. Sidik jari bisa meninggalkan noda dan berpengaruh pada sensitivitasi,” ujar CEO Topcoat Indonesia, Chirstopher Sebastian, kepada Kompas.com, Selasa (25/8/2020)

Baca juga: Mengapa Alur Tapak Ban Depan Motor Arahnya Terbalik?         

Head unit pada tipe VZulkifli BJ Head unit pada tipe V

Untuk membersihkan head unit sendiri di rumah, siapkan lap atau kain yang lembut atau memiliki materi microfiber dan basahkan sedikit dengan air.

Air cukup diteteskan sedikit saja ke kain, atau bisa juga menggunakan cairan pembersih untuk layar ponsel atau laptop.

Baca juga: H-D Panhead Ikonik dari Film Easy Rider                          

“Hindari bahan kimia apapun termasuk alkohol untuk membersihkan touch screen (layar sentuh). Saat dibersihkan cukup diusap saja, jangan sampai di tekan,” tuturnya.

Usap perlahan sampai dirasa sidik jari dan kotoran di layar sentuh hilang. Intinya, jangan membasahi langsung layar sentuh dengan air, karena akan berisiko rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com