Begini Cara Aman Bersihkan Layar Head Unit yang Penuh Sidik Jari

Kompas.com - 26/08/2020, 11:22 WIB
Head unit mengambang milik Honda City 2017. Febri Ardani/OtomaniaHead unit mengambang milik Honda City 2017.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mobil modern yang dikeluarkan oleh pabrikan otomotif sudah dilengkapi oleh head unit dengan fitur layar sentuh. Namun biasanya, layar head unit ini cepat terlihat kotor, karena memang difungsikan menggunakan jari tangan.

Kondisi layar yang kotor seperti terlihat banyak sidik jari, bisa membuat sensitivitas layar sentuh berkurang. Tapi, ada cara mudah untuk membersihkannya.

“Biasanya layar sentuh sensitif terhadap kotoran dan minyak, apalagi saat tangan kita kotor. Sidik jari bisa meninggalkan noda dan berpengaruh pada sensitivitasi,” ujar CEO Topcoat Indonesia, Chirstopher Sebastian, kepada Kompas.com, Selasa (25/8/2020)

Baca juga: Mengapa Alur Tapak Ban Depan Motor Arahnya Terbalik?         

Head unit pada tipe VZulkifli BJ Head unit pada tipe V

Untuk membersihkan head unit sendiri di rumah, siapkan lap atau kain yang lembut atau memiliki materi microfiber dan basahkan sedikit dengan air.

Air cukup diteteskan sedikit saja ke kain, atau bisa juga menggunakan cairan pembersih untuk layar ponsel atau laptop.

Baca juga: H-D Panhead Ikonik dari Film Easy Rider                          

“Hindari bahan kimia apapun termasuk alkohol untuk membersihkan touch screen (layar sentuh). Saat dibersihkan cukup diusap saja, jangan sampai di tekan,” tuturnya.

Usap perlahan sampai dirasa sidik jari dan kotoran di layar sentuh hilang. Intinya, jangan membasahi langsung layar sentuh dengan air, karena akan berisiko rusak.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X