Kompas.com - 25/08/2020, 19:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comAlur tapak ban pada motor biasanya memiliki arah tertentu. Oleh karena itu pada dinding ban motor, biasanya ada tulisan “rotation” sebagai penanda kemana arah putaran roda tersebut.

Selain itu, pilihan ban aftermarket juga cukup banyak di pasaran, dengan pola-pola yang beragam dan memiliki keunggulannya masing-masing. Jika diperhatikan, arah alur pada ban depan dan belakang biasanya berbeda.

Apalagi pada motor yang memiliki performa tinggi, arah alur tapak ban depan modelnya seperti terbalik dengan yang belakang, mengapa begitu?

Baca juga: Alasan Vinales Terpaksa Lompat Saat Motor Melaju 218 Kpj

Perbedaan alur ban depan (kiri) dan belakang (kanan)Istimewa Perbedaan alur ban depan (kiri) dan belakang (kanan)

Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk., produsen ban IRC, Dodiyanto mengatakan, pola alur yang terbalik pada ban depan bisa membantu pengereman pada motor.

“Ada beberapa motor gede yang pola tapak ban depannya terbalik arahnya. Hal ini untuk membantu pengereman, kalau untuk motor matik dan underbone, enggak perlu pakai model yang terbalik,” ucap Dodiyanto kepada Kompas.com, Senin (24/8/2020).

Baca juga: KTM Kehilangan Status Konsesi, Apa Artinya?

Namun alur terbalik pada tapak ban depan ini bukan sembarang membalikkan pola untuk ban belakang. Dodiyanto mengatakan, ban harus didesain dari awal khusus sebagai ban depan dengan pola alur yang terbalik.

“Konstruksi dari bannya menyesuaikan, beberapa alur tapak ban memiliki performa yang kurang baik kalau hanya membalikkan polanya,” kata Dodiyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.