Suzuki Protes Race Direction Berlaku Tidak Adil di MotoGP Styria

Kompas.com - 26/08/2020, 07:42 WIB
Pol Espargaro disebut sudah melanggar aturan karena keluar dari trek di MotoGP Styriaa. (Photo by Joe Klamar / AFP) JOE KLAMARPol Espargaro disebut sudah melanggar aturan karena keluar dari trek di MotoGP Styriaa. (Photo by Joe Klamar / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Styria menghasilkan balapan yang tak hanya dramatis, tapi juga kontroversial. Sebab, ada pihak yang protes dengan hasil balap tersebut.

Pada lap terakhir, di tikungan terakhir, persaingan ketat terjadi antara Jack Miller dengan Pol Espargaro. Keduanya tak mau mengalah dan harus melebar di tikungan terakhir, yang lalu kejadian tersebut dimanfaatkan Miguel Oliveira untuk meraih kemenangan.

Baca juga: Hasil MotoGP Styria, Drama Tikungan Terakhir Miguel Oliveira Juara

Pol yang didorong keluar trek oleh Miller menginjak wilayah bercat hijau yang terlarang. Menurut regulasi, jika kedua ban menyentuh wilayah tersebut, maka pebalap harus turun satu posisi.

Joan Mir saat berlaga di MotoGP Styria. (Photo by Joe Klamar / AFP)JOE KLAMAR Joan Mir saat berlaga di MotoGP Styria. (Photo by Joe Klamar / AFP)

Aturan tersebut ditegakkan di kelas Moto2, di mana Jorge Martin yang berada di urutan pertama melewati wilayah bercat hijau tersebut. Kemenangan pun dialihkan ke posisi kedua, yakni Marco Bezzecchi.

Sedangkan di kelas MotoGP, Pol tidak dikenakan sanksi dan tetap meraih podium ketiga. Padahal, jika menurut aturan, podium ketiga seharusnya jatuh ke tangan pebalap Suzuki, Joan Mir.

Mir mengatakan, saat balapan pertama, sebelum red flag dikibarkan, dia juga melebar dan melewati zona hijau tersebut. Dia pun diberi sanksi turun satu posisi dan Mir mematuhinya.

Baca juga: Menang MotoGP Styria, Miguel Oliveira Bawa Pulang BMW M4

"Jika saya diberi penalti, maka berikan juga penalti ke yang lain. Tidak masuk akal. Saya sangat, sangat marah dengan keputusan ini," ujar Mir, dikutip dari Crash.net.

Mir menambahkan, dirinya setuju jika penalti tidak diberikan jika pebalap terpaksa melebar karena didorong oleh pebalap lain. Namun, yang terjadi pada Pol bukan seperti itu menurutnya.

"Jika dicek dua tikungan terakhir, Pol mengambil bagian dalam, lalu dia melebar, dan Jack mengambil posisinya. Lalu, Pol memutuskan untuk mengikuti dari sisi luar. Tentu saja dia melebar," kata Mir.

Duel tiga arah antara Jack Miller, Pol Espargaro, dan Miguel Oliveira, pada momen-momen akhir balapan MotoGP Styria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (23/8/2020).MOTOGP Duel tiga arah antara Jack Miller, Pol Espargaro, dan Miguel Oliveira, pada momen-momen akhir balapan MotoGP Styria di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada Minggu (23/8/2020).

"Jika dia masuk ke tikungan tersebut seperti itu, dengan kecepatan itu, tentu saja dia akan keluar. Kita bisa lihat ketika dia berads di zona hijau, dia tetap membuka gas," ujar Mir.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X