Aksesoris Buat Ban Motor yang Bikin Tampilan Jadi Retro

Kompas.com - 26/08/2020, 12:22 WIB
modifikasi ban motor Kompas.com/Fathan Radityasanimodifikasi ban motor

BOGOR, KOMPAS.comBan motor merupakan salah satu komponen yang bisa dimodifikasi. Dengan mengganti ukuran dan modelnya saja bisa mengubah tampilan motor secara menyeluruh.

Salah satu yang bisa dilakukan pada ban motor agar terlihat klasik yaitu memakai model white wall, atau dinding ban yang berwarna putih. Namun jika ingin membeli ban motor tipe white wall, harganya bisa lebih mahal daripada ban biasa.

Namun bagi yang ingin lebih ekonomis, ada solusinya yaitu dengan menambahkan lis ban berwarna putih yang banyak dijual di pasaran. Jadi lis putih ini dipasangkan ke ban sehingga memberikan kesan klasik pada motor.

Baca juga: Yamaha Sebut Motor Vinales Pakai Rem Standar

lis ban putihKompas.com/Fathan Radityasani lis ban putih

Pemilik bengkel modifikasi Rangkuti Motor di Bogor, Sammy Rangkuti mengatakan, lis ban ini terbuat dari karet dan bisa dipasang pada ban dengan ukuran 10, 14, 17, dan 18 inci.

“Proses pemasangannya yaitu dipress dengan ban, jadi tidak menggunakan lem. Caranya ban dan pelek harus dicopot dahulu, lalu lisnya dipasang dan isi lagi tekanan udaranya,” kata Sammy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Sammy menyarankan agar dipasang oleh orang yang sudah biasa, agar hasilnya pas. Kalau kurang baik pemasangannya, lis bisa jadi bergelombang, kurang sempurna hasilnya. Kemudian, bahannya yang dari karet juga membuat masa pakainya tidak terlalu lama.

Baca juga: Toyota Recall Lagi Innova dan Fortuner, Kali Ini Terkait Selang Rem

“Masa pakainya bisa enam bulanan. Kalau dipakai harian, terkena hujan dan panas, karetnya bisa getas, jadi masa pakainya lebih cepat lagi,” ucap Sammy.

Untuk harganya, masih bisa didapatkan di bawah Rp 100.000, jadi masih ekonomis. Rinciannya, untuk pelek 17 inci Rp 65.000 dan untuk ukuran lainnya Rp 75.000. Harga tersebut mendapatkan dua set, untuk ban depan dan belakang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X