Jangan Coba Pasang Stiker Transparan Sebagai Pengganti Kaca Film

Kompas.com - 24/08/2020, 16:40 WIB
pasang kaca film Kompas.com/Fathanpasang kaca film

JAKARTA, KOMPAS.com – Pada umumnya, mobil pribadi biasanya dipasang lapisan kaca film pada setiap kacanya. Fungsi dari kaca film ini yaitu sebagai penolak panas sehingga jika mobil dijemur, kabin tetap sejuk.

Namun bagi yang ingin hemat, ada saja cara untuk mengakali hal ini, salah satunya yaitu memasang stiker gelap transparan di kacanya. Harapannya jika memasang stiker ini bisa mengurangi panas, berfungsi sama seperti kaca film.

Pemilik 3M Authorized Dealer di Jakarta Barat dan Tangerang, Martin mengatakan, menempel stiker gelap tranparan ke kaca mobil memiliki efek yang kurang baik.

Baca juga: Jangan Norak, Pakai Lampu Hazard Saat Berjalan Lurus di Persimpangan!

Proses pemasangan kaca film 3MKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Proses pemasangan kaca film 3M

Stiker itu kan tidak ada bahan tolak panasnya, malahan dia menyerap panas. Oleh karena itu, hawa panas malah menempel di kaca, sehingga suhu kabin jadi lebih panas,” ucap Martin kepada Kompas.com, Senin (24/8/2020).

Kemudian untuk lem yang ada di stiker, jika nantinya mau dilepas, akan meninggalkan bekas. Memang jika ingin melepas kaca film, akan ada sisa lemnya, namun lem pada stiker transparan malah lebih parah, bekasnya bisa berkerak di kaca.

“Stiker sama sekali enggak ada tolak panasnya, yang ada malah mengganggu visibilitas kita melihat dari kabin ke jalan,” kata Martin.

Baca juga: KTM Kehilangan Status Konsesi, Apa Artinya?

Presiden Direktur Makko Group Christopher Sebastian juga memiliki pendapat yang sama. Christopher mengatakan, stiker dan kaca film merupakan dua produk yang berbeda.

“Memasang stiker gelap transparan pada kaca mobil tidak akan mempunyai fungsi yang sama dengan kaca film. Mungkin tampilannya saja yang jadi gelap, namun untuk kabin tidak ada dampaknya,” kata Christopher kepada Kompas.com.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X