Piaggio Ape, Motor Roda Tiga yang Sering Disangka Bajaj

Kompas.com - 24/08/2020, 15:32 WIB
Piaggio Ape Foto: Raidermotor.comPiaggio Ape
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bentuk Bajaj berwarna orange sebagai motor roda tiga untuk kendaraan penumpang cukup lekat di masyarakat. Tapi sebetulnya Bajaj memproduksi itu atas lisensi dari Piaggio Ape C.

Piaggio Ape merupakan motor roda tiga untuk kendaraan barang yang diproduksi oleh Piaggio Grup. Motor ini dirancang oleh Corradino D’Ascanio setelah perang dunia kedua sebagai alat angkut yang murah dan efisien.

Baca juga: Jangan Alay, Pahami Bahaya Modifikasi Lampu Belakang Motor

Piaggio ApeFoto: Planet-trucks.com Piaggio Ape

Sekilas kalau membandingkan desain Bajaj orange dan Piaggio Ape hampir identik. Bedanya, aplikasi Piaggio Ape bukan cuma untuk angkut penumpang tapi banyak versi sampai bentuk bak terbuka.

Mengutip beberapa literasi, salah satunya Awasan.com, Piaggio Ape pertama kali diproduksi pada 1948. Mesinnya 2-tak mirip punya Vespa, dan sanggup membawa beban 200-800 kg tergantung varian mesin.

Daya angkut besar merupakan fokus utama saat itu. Piaggio sengaja merancang kendaraan komersial yang murah, kecil dan bisa mengangkut barang dalam jumlah besar untuk membangun kembali Italia paska perang.

Piaggio Ape Piaggio Ape

Baca juga: Jangan Norak, Pakai Lampu Hazard Saat Berjalan Lurus di Persimpangan!

Beberapa variasi mesinnya mulai dari 50 cc, 125 cc, 150 cc, 175 cc, 218cc dan Diesel 400 cc. Sedangkan desainnya mulai dari bak langsung di atas roda seperti Bajaj dan sebagai penarik trailer.

Umur Piaggio Ape cukup panjang. Lahir pada 1948 dan baru setop produksi pada 2016. Bentuknya pun sudah berevolusi sesuai zaman, aplikasinya mulai dari angkutan barang, penumpang, mobil boks sampai pick up.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X