Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Kaca Film Bisa Bikin Mobil Irit Bensin?

Kompas.com - 13/08/2020, 20:11 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada anggapan yang mengatakan bahwa kaca film bisa membantu efisiensi bahan bakar minyak (BBM). Apalagi jika tingkat kegelapan pelapis kaca itu semakin tinggi, dipercaya bisa lebih irit BBM lagi.

Terkait hal tersebut, Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, kaca film secara langsung tidak punya peran yang begitu penting untuk hal efisiensi BBM.

Namun, dengan menggunakan kaca film kinerja pendingin kabin (AC) menjadi tidak terlalu maksimal, karena sudah dibantu dengan fungsi pelapis kaca itu, seperti mereduksi sinar matahari yang masuk ke ruang mobil.

Baca juga: Kurangi Kecelakaan, Tol Cipali Butuh Lebih Banyak Garis Kejut

Ilustrasi indikator bensinyoutube.com Ilustrasi indikator bensin

“Kalau kaca film bisa mencegah panas sinar matahari ke kabin mobil maka kinerja AC akan semakin ringan. Beban mesin juga menjadi tidak berat, hal inilah yang bisa membuat bahan bakar menjadi lebih irit,” ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: XL7 Bawa Angin Segar Ekspor Suzuki di Juli 2020

Meski demikian, menurut Anjar, penggunaan kaca film tidak mempengaruhi penggunaan bahan bakar secara signifikan.

Sebab masih ada faktor lain yang lebih berpengaruh seperti gaya berkendara setiap orang yang berbeda-beda dan seberapa besar kapasitas mesin pada mobil.

“Jika ditanya bisa irit sampai berapa persen itu jawabannya sangat sulit, karena balik lagi tergantung dari berbagai kondisi, salah satunya faktor gaya berkendara dan juga kondisi jalan macet atau tidak,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com