Mitos atau Fakta, Kaca Film Bisa Bikin Mobil Irit Bensin?

Kompas.com - 13/08/2020, 20:11 WIB
Ilustrasi kaca film 3M Auto Film Crystaline Series 3MIlustrasi kaca film 3M Auto Film Crystaline Series

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada anggapan yang mengatakan bahwa kaca film bisa membantu efisiensi bahan bakar minyak ( BBM). Apalagi jika tingkat kegelapan pelapis kaca itu semakin tinggi, dipercaya bisa lebih irit BBM lagi.

Terkait hal tersebut, Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, kaca film secara langsung tidak punya peran yang begitu penting untuk hal efisiensi BBM.

Namun, dengan menggunakan kaca film kinerja pendingin kabin (AC) menjadi tidak terlalu maksimal, karena sudah dibantu dengan fungsi pelapis kaca itu, seperti mereduksi sinar matahari yang masuk ke ruang mobil.

Baca juga: Kurangi Kecelakaan, Tol Cipali Butuh Lebih Banyak Garis Kejut

Ilustrasi indikator bensinyoutube.com Ilustrasi indikator bensin

“Kalau kaca film bisa mencegah panas sinar matahari ke kabin mobil maka kinerja AC akan semakin ringan. Beban mesin juga menjadi tidak berat, hal inilah yang bisa membuat bahan bakar menjadi lebih irit,” ujar Anjar saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: XL7 Bawa Angin Segar Ekspor Suzuki di Juli 2020

Meski demikian, menurut Anjar, penggunaan kaca film tidak mempengaruhi penggunaan bahan bakar secara signifikan.

Sebab masih ada faktor lain yang lebih berpengaruh seperti gaya berkendara setiap orang yang berbeda-beda dan seberapa besar kapasitas mesin pada mobil.

“Jika ditanya bisa irit sampai berapa persen itu jawabannya sangat sulit, karena balik lagi tergantung dari berbagai kondisi, salah satunya faktor gaya berkendara dan juga kondisi jalan macet atau tidak,” tuturnya.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X