Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2020, 15:03 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menepati janjinya, Morris Garage (MG) Motor Indonesia akhirnya resmi meluncurkan sport utility vehicle (SUV) terbarunya, yakni MG HS, Kamis (13/8/2020). Kehadiran model ini menambah jajaran keluarga MG di Tanah Air setelah sebelumnya diisi oleh ZS.

Managing Director MG Motor Indonesia Figo Lee mengatakan, karakter yang kuat merupakan faktor penting dalam memproduksi sebuah mobil, dan hal tersebut diwujudkan di MG melalui desain khas Inggris, yang berpengalaman dalam menciptakan mobil sporty.

"Kehadiran MG HS adalah cara kami untuk terus meredefinisikan ekspektasi masyarakat Indonesia akan sebuah SUV yang elegan," kata Figo dalam seremoni peluncuran di Jakarta, Kamis (13/8/2020).

Baca juga: MG Motors Siap Berikan Kejutan di Indonesia, Hadirkan HS

MG HS datang mengusung konsep SUV lima penumpang dengan dimensi panjang 4.574 mm, lebar 1.876 mm, dan tinggi 1.664 mm.

Tampilan elegan dengan desain yang dikemas cukup mewah pada bagian depan menjadi salah satu daya tarik tersendiri, terutama pada bagian star rider grille-nya.

MG HS resmi mengaspal di IndonesiaMG MG HS resmi mengaspal di Indonesia

Desain gril tersebut sebenarnya sedikit mirip dengan sedan asal Jerman. Sementara untuk lekukan pada bagain bodi ditampilkan dengan paduan karakter sporty dan elegan yang menegaskan sisi kemewahannya.

Bicara soal tenaga, MG HS dibekali mesin turbo DOHC 4 silinder berkubikasi 1.490 cc yang dapat menyuplai daya sebesar 162 Ps atau 159 tk di rpm 5.600, serta torsi mencapai 250 Nm pada putaran 1.700-4.400 rpm.

MG HS resmi mengaspal di IndonesiaMG MG HS resmi mengaspal di Indonesia

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi Twin Cluctch Sportronic Transmission (TS) 7 percepatan. Pengendara juga akan dimanjakan dengan lima pilihan mode berkendara yang bisa menyesuaikan kebutuhan.

Mengimbangi tenaganya, faktor keselamatan juga tak diabaikan yang diklaim telah didapuk rating bintang lima dari Euro NCAP dan ANCAP. Fitur-fitur terkini lainnya juga menjadi salah satu poin unggulan yang tak kalah menarik.

Baca juga: Prediksi Harga MG HS, Calon Pesaing CX-30 dan Eclipse Cross

"Hari ini kami meluncurkan MG HS yang mana modelnya merupakan SUV kental dengan desain khas Inggris. Kenapa kami memilih untuk meluncurkan SUV lagi, karena secara tren SUV ini sangat diminati termasuk juga di Indonesia," ucap Marketing & PR Director MG Motor Indonesia Arief Syarifudin.

MG HS resmi mengaspal di IndonesiaMG MG HS resmi mengaspal di Indonesia

Melihat dari segmentasi pasar, MG HS akan berkompetisi dengan beberapa SUV asal Jepang lainnya, seperti Honda CR-V dan Wuling Almaz.

Sedangkan untuk harga, MG meluncurkan HS dalam dua varian, yakni HS Excite yang menjadi versi terendah dengan harga Rp 369.800.000, dan Rp 429.800.000 untuk HS Ignite yang jadi varian teratasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com