Memasang Kanopi pada Pikap Kabin Ganda

Kompas.com - 01/08/2020, 18:02 WIB
Kanopi pikap kabin ganda Laksana MotorKanopi pikap kabin ganda

JAKARTA, KOMPAS.comPikap kabin ganda atau double cabin (dcab) memang terkenal sebagai kendaraan di area tambang. Namun ada juga yang menggunakan dcab sebagai kendaraan pribadi dan sehari-hari.

Jika dipakai harian, kerpraktisan dari dcab ini memang dirasa kurang. Walaupun memiliki bak belakang yang besar, sepertinya kurang aman untuk dijadikan bagasi. Salah satu cara agar bisa dijadikan bagasi yaitu dengan memasang kanopi.

Kanopi ini berbentuk seperti atap tambahan yang dibuat khusus untuk bak belakang. Jadi selain baknya tertutup, ada kanopi yang bisa memuat barang lebih tinggi. Selain itu ada juga penguncinya agar aman menyimpan barang.

Baca juga: Berlaku 3 Agustus, Ini yang Perlu Diketahui Soal Ganjil Genap Jakarta

Pikap kabin ganda australian styleoutbackjoe Pikap kabin ganda australian style

Saat dipasang di bak, memang dcab terlihat berbeda, modelnya menjadi mirip denga Sport Utility Vehicle (SUV). Kemudian pada sisi kanan, kiri dan belakang kanopi, tersedia kaca agar visibilitas pengemudi tetap aman.

Berbeda dengan penutup bak belakang, saat dcab dipasang kanopi, barang yang dimuat bisa lebih tinggi. Selain itu, bagi yang ingin mobilnya bergaya ala Australia, memakai kanopi ini sangat cocok, apalagi jika ditambah aksesoris lain.

Pemilik bengkel modifikasi mobil 4x4 Laksana Motor, Ivan Arif mengatakan, untuk harga kanopi, tergantung dari tipe dan model mobilnya, kemudian pemasangannya tinggal plug & play.

Baca juga: Cuci Mobil Sendiri, Sebaiknya dari Bagian Atas atau Bawah Dahulu?

“Untuk harganya beragam, mulai dar Rp 5 juta sampai Rp 28 juta, tergantung mereknya,” kata Ivan kepada Kompas.com, Sabtu (1/8/2020).

Namun bagi yang merasa menambah kanopi terlalu mahal, bisa memilih penutup bak belakang atau deck cover. Selain lebih murah, tampilan dcab juga tidak terlalu berubah dan tetap berfungsi untuk menutup bak belakang.

Aksesoris pikap kabin gandainstagram/laksana_motor Aksesoris pikap kabin ganda

“Deck cover ini tinggal pasang saja, plug and play. Tersedia untuk semua model dcab juga, ada berbagai merek dari Thailand dan Australia,” ucap Ivan.

Harga deck cover yang paling mahal yaitu sekitar Rp 18 jutaan. Modelnya bisa terbuka ke atas 45 derajat sehingga memudahkan untuk memasukkan barang ke bak. Kemudian ada penguci juga sebagai pengamannya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X