Carry, Hiace, dan Mobil Listrik DFSK Jadi Kandidat Jak Lingko

Kompas.com - 01/08/2020, 16:45 WIB
Toyota Hiace jadi ankot Jak Lingko IstimewaToyota Hiace jadi ankot Jak Lingko
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya Suzuki Carry yang menjadi kandidat sebagai armada MikroTrans Jak Lingko, beberapa merek lain yang bermain di segmen komersial ringan dikabarkan juga ikut mencalonkan diri.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, selain Suzuki dengan Carry, ada beberapa yang juga sedang mempersiapkan dijadikan armada pengumpang. Tapi itu semua belum diputuskan dan saat ini masih berupa prototipe.

"Untuk meningkatkan kenyamaan, memang nanti akan ada fasilitas AC, sabuk pengaman. Jadi kemarin itu ada beberapa merek, Suzuki dengan Carry, lalu Toyota Hiace, dan DFSK dengan mobil listriknya, tapi semua itu belum yah," kata Syafrin kepada Kompas.com, Jumat (31/7/2020).

Baca juga: Semakin Banyak Toyota Hiace Seliweran di Jalan Ibu Kota

DFSK Gelora EKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda DFSK Gelora E

Lebih lanjut Syafrin menjelaskan, bila ketiga merek tersebut hadir hanya sebatas untuk memamerkan produknya alias show unit. Secara bentuk, sudah dengan konsep rancang bangun menjadi angkot MikroTrans Jak Lingko.

"Itu tiga-tiganya hanya sebatas show unit saja, kami belum putuskan. Jadi kami baru hanya peninjauan untuk tiga kandidat unitnya, dan kami akan teruskan dengan melakukan evaluasi secara teknis. Untuk pengoperasian sendiri itu nanti operator, kami hanya urus sisi teknisnya saja," kata Syafrin.

Prototipe Mikrotrans Jak LingkoDSP Styling/Dody Prototipe Mikrotrans Jak Lingko

Diketahui untuk DFSK unitnya adalah Gelora E, sementara untuk Suzuki Carry, diklaim hadir dengan model ala pabrikan yang sudah dirombak konfigurasi kursinya untuk mengangkut orang lebih banyak.

Baca juga: Prototipe Angkot Jak Lingko, Pakai AC dan Sabuk Pengaman

Sementara untuk Toyoa Hiace sendiri, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) DKI Jakarta Shafruhan Sinungan mentakan, peruntukannya akan lebih eklusif karena punya kelapangan yang luas sehingga memberikan kenyamanan lebih bagi penumpangnya.

Desain Toyota Hiace Jak LingkoIstimewa Desain Toyota Hiace Jak Lingko

"Untuk Hiace jadi feeder Jak Lingko, tapi setahu saya nanti model ini akan seperti versi premiumnya lah. Secara pertunkan tetap sama, tapi Hiace ini kan lebih lapang," ucap Shafruhan.

"Kelengkapannya dari informasi, akan ada LCD TV, sabuk pengaman, AC, bagkunya juga dibuat beda agar lebih nyaman," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X