Honda Berencana Kembangkan Motor Superbike dengan Mesin V4

Kompas.com - 01/08/2020, 17:12 WIB
Honda RC213V-S hadir di Jakarta OtomaniaHonda RC213V-S hadir di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, Honda sudah membuat heboh dengan merilis CBR1000RR-R. Kali ini, pabrikan berlogo sayap tersebut dikabarkan sedang mengembangkan mesin dengan konfigurasi V4 untuk motor superbike.

Kabar tersebut disebutkan oleh media asal Jepang, Young Machine, yang sering kali cukup akurat saat membocorkan informasi terkini dari pabrikan otomotif asal Jepang.

Baca juga: Honda RC213V-S, Moge Jalanan Rasa MotoGP

Rumors tersebut juga mungkin saja terwujud, mengingat pada 2010 Honda sudah pernah merilis motor replikas MotoGP, yakni RC213V-S.

Honda RC213V-S hadir di JakartaOtomania Honda RC213V-S hadir di Jakarta

Namun, banyak yang menyebutkan motor tersebut mengecewakan. Sebab, tenaganya hanya 159 tk dan dengan tambahan komponen balap baru bisa terdongkrak hingga 215 tk.

Tenaganya masih kalah dibandingkan dengan Ducati 1199 Panigale yang mencapai 205 tk. Begitu pula dengan bobotnya, RC213V-S masih lebih berat dibandingkan dengan Panigale.

Baca juga: Konsumen AHM, Geber Supersport Honda RC213V-S

Dari segi harga, RC213V-S juga luar biasa mahal, tembus 184.000 dollar Amerika atau sekitar Rp 2,7 miliar. PT Astra Honda Motor (AHM) pernah menyebutkan jika motor tersebut dijual di Indonesia, harganya bisa lebih dari Rp 7 miliar.

Young Machine menyebutkan bahwa Honda memang sedang mengembangkan mesin V4 selama beberapa tahun belakangan ini.

Alasan lain Honda memgembangkan mesin tersebut diyakini juga tak ingin kalah dengan Ducati yang meluncurkan motor superbike Panigale V4S.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X