Masuk 10 Besar, Sean Kantongi Modal Berlaga di F2 Hungaria

Kompas.com - 18/07/2020, 14:42 WIB
Sean Gelael di FP2 Hungaria http://sean-gelael.com/Sean Gelael di FP2 Hungaria
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sean Gelael siap berlaga di ajang balapa pertama Formula 2 pada lintasan Hongaroring, Hongaria, Sabtu (18/7/2020). Pebalap asal Indonesia ini punya modal kuat lantaran mendapat posisi bagus untuk memulai balap.

Meski pada sesi latihan tak mencatatan kan waktu, namun Sean berhasil masuk ke posisi 10 besar dan siap memulai perlombaan dari urutan ke-9.

Hujan sejak siang hari membuat para pebalap memilih berhati-hati saat free practice. Mereka lebih suka bertahan di dalam garasi, karena tak mau ambil risiko terhadap mobil atau ban.

Baca juga: Morbidelli Tercepat di FP2 MotoGP Spanyol, Rossi dan Alex Merosot Jauh

Pada sesi latihan balap kedua FP2 Formula 1 pun kondisi tetap sama. Hujan terus menguyur deras dan membasahi lintasan hingga babak kualifikasi F2 tiba.

Sean GelaelFoto: Istimewa Sean Gelael

Semua pebalap awalnya berhati-hati. Namun kemudian secara berlahan mulai memanas dan tancap gas, ditandai lap time yang terus bertumbangan. Dari 2 menitan hingga puncaknya 1:50,7 yang dibuat Callum Ilott.

Sean juga menunjukkan progres yang cukup baik. Walau saat awal pebalap Jagonya Ayam ini sempat merasa kesulitan, terutama di Sektor 2, yang membuat posisinya tak lepada dari P12 hingga P15. Tapi saat temperatur ban dan kondisi yang mendukung, Sean berhasil naik hingga posisi ke delapan dan sembilan.

Sektor 2 yang tadinya berselisih sekitar 1 detik dar pebalap tercepat pun berhasil dikoreksi dengan perbedaan waktu yang makin menipis, yakni 0,5 detik.

Baca juga: Marc Marquez Tercepat di FP1 MotoGP Spanyol, Rossi Posisi 13

Namun ketika Sean bersiap memperbaiki catatan waktunya, ada insiden di mana Jehan Daruvalan (Carlin) pebalap India, terhenti di trek yang membuat sesi dihentikan meski masih menyisahkan 4 menit.

Sean Gelael F2Istimewa Sean Gelael F2

 

Alhasil Sean pun harus puas bisa berada di urutan kesembilan yang mejadi start terbaiknya di F2 musim ini.

"Kondisi lintasan yang sulit, tapi saya merasakan mobil enak. Di awal-awal banyak traffic menghalangi saya, namun sepertinya mobil bagus untuk trek basah atau kering pun bagus. Semoga saya bisa dapat poin di race besok," ujar Sean dalam keterangan resminya, Sabtu (18/7/2020).



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X