Rutin Bersihkan AC Mobil untuk Cegah Penyebaran Corona di Udara

Kompas.com - 13/07/2020, 16:02 WIB
Tak banyak ubahan yang terjadi pada dasbor BMW X1 facelift kali ini Kompas.com - AFHTak banyak ubahan yang terjadi pada dasbor BMW X1 facelift kali ini
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona di dalam kabin mobil. Seperti diketahui, Covid-19 terdeteksi bisa tersebar di dalam ruangan tertutup yang minim sirkulasi udara.

Salah satunya dengan menjaga kebersihan AC, yang menjadi satu-satunya alat sirkulasi udara di dalam mobil saat kaca tertutup.

Kelvin Ong, Business Development Bengkel AC Rotary, mengatakan, untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kabin tetap baik bisa dilakukan dengan rajin mengganti filter AC.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Berapa Bayar Pajak Kendaraan Tanpa Keluar Rumah

filter ac mobilgridoto.com filter ac mobil

“Sistem pendinginan kabin yang bersih membuat kebersihan udara di dalam kabin terjaga,” ucap Kelvin, kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain membuat kabin menjadi bersih, rutin mengganti filter AC akan membuat kesegaran kabin lebih terjaga. Di samping juga dapat menghalau penyebaran virus corona di kabin mobil.

Pasalnya udara kotor maupun debu dengan mudah tersedot ke dalam filter. Menurut Kelvin, jika dibiarkan terus-menerus dalam membuat evaporator hingga kondensor, serta blower AC rusak.

Baca juga: Komentar Asosiasi Parkir Soal ZX-25R Tidak Bisa Masuk Parkiran Moge

Ilustrasi Fogging mobilIstimewa Ilustrasi Fogging mobil

Tak hanya membersihkan AC secara rutin, Kelvin juga menyarankan konsumen untuk membersihkan lewat sterilisasi kabin.

Seperti misalnya menggunakan fogging mobil atau ozonisasi yang bisa menghalau bakteri dan virus di dalam kabin.

“Kalau fogging itu kan terlihat dan bisa dirasakan setelahnya, tetapi kalau ozon tidak ada asap atau apapun yang bisa dilihat dengan kasatmata. Tetapi, setelah ozon tentu ada perubahan pada kabin mobil,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X