Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona Menyebar di Udara, Mengemudikan Mobil Wajib Pakai Masker?

Kompas.com - 13/07/2020, 12:02 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMasker telah menjadi salah satu aksesori wajib yang digunakan saat beraktivitas pada masa pandemi. Alat ini dianggap bisa menghalau penyebaran Covid-19, tak terkecuali saat berkendara.

Tak hanya saat naik sepeda motor, bagi Anda yang mengendarai mobil ternyata juga harus menggunakan masker agar tidak tertular virus corona.

Dr Andi Khomeini, Chairman Junior Doctors Network Indonesia, mengatakan, masker bisa mengurangi risiko penularan Covid-19 saat berada di dalam ruangan, termasuk di mobil.

Baca juga: Daftar Mobil Lawas yang Bisa Dijadikan Investasi

petugas melakukan pemeriksaan pengemudi mobil yang hendak mudik di wilayah perbatasan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. ari purnomo petugas melakukan pemeriksaan pengemudi mobil yang hendak mudik di wilayah perbatasan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Apalagi bagi Anda yang pernah mengemudikan mobil bersama orang lain, termasuk anggota keluarga atau teman dekat kita. Bukan tak mungkin ada droplet yang menempel di interior.

“Droplet itu keluar saat kita berbicara, makanya bagian interior mobil yang jarang dibersihkan juga bisa menjadi sumber penularan virus,” ucap pria yang disapa Koko, dalam konferensi virtual belum lama ini.

Ada beberapa bagian yang berpotensi jadi tempat menempelnya droplet, seperti di setir, dasbor, door trim, handle pintu, jok mobil, hingga karpet.

Baca juga: Motor Bebek 2 Tak Bekas yang Harganya Semakin Mahal

ac mobilKompas.com/Fathan Radityasani ac mobil

“Jika sudah menempel sangat mungkin menularkan virus ke orang lain. Apalagi saat AC menyala, virus hanya berputar di interior saja,” ujar Koko.

Oleh sebab itu, selain membersihkan interior, Koko juga menyarankan untuk menjaga sirkulasi udara tetap berputar. Misal dengan sesekali membuka jendela mobil.

“Bukan berarti di dalam mobil aman tidak pakai masker. Bisa saja penularan dari droplet orang lain yang pernah ikut di mobil kita,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com