Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rutin Bersihkan AC Mobil untuk Cegah Penyebaran Corona di Udara

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona di dalam kabin mobil. Seperti diketahui, Covid-19 terdeteksi bisa tersebar di dalam ruangan tertutup yang minim sirkulasi udara.

Salah satunya dengan menjaga kebersihan AC, yang menjadi satu-satunya alat sirkulasi udara di dalam mobil saat kaca tertutup.

Kelvin Ong, Business Development Bengkel AC Rotary, mengatakan, untuk menjaga sirkulasi udara di dalam kabin tetap baik bisa dilakukan dengan rajin mengganti filter AC.

“Sistem pendinginan kabin yang bersih membuat kebersihan udara di dalam kabin terjaga,” ucap Kelvin, kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain membuat kabin menjadi bersih, rutin mengganti filter AC akan membuat kesegaran kabin lebih terjaga. Di samping juga dapat menghalau penyebaran virus corona di kabin mobil.

Pasalnya udara kotor maupun debu dengan mudah tersedot ke dalam filter. Menurut Kelvin, jika dibiarkan terus-menerus dalam membuat evaporator hingga kondensor, serta blower AC rusak.

Tak hanya membersihkan AC secara rutin, Kelvin juga menyarankan konsumen untuk membersihkan lewat sterilisasi kabin.

Seperti misalnya menggunakan fogging mobil atau ozonisasi yang bisa menghalau bakteri dan virus di dalam kabin.

“Kalau fogging itu kan terlihat dan bisa dirasakan setelahnya, tetapi kalau ozon tidak ada asap atau apapun yang bisa dilihat dengan kasatmata. Tetapi, setelah ozon tentu ada perubahan pada kabin mobil,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/07/13/160200715/rutin-bersihkan-ac-mobil-untuk-cegah-penyebaran-corona-di-udara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke