AC Mobil Keluarkan Hawa Panas, Mungkin Ini Penyebabnya

Kompas.com - 13/07/2020, 15:36 WIB
ac mobil Kompas.com/Fathan Radityasaniac mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Adalah hal yang wajar jika pemilik mobil sangat bergantung pada Air conditioner alias AC, sebab kondisi kabin yang panas tentu akan mengurangi rasa nyaman saat berkendara.

Tidak sedikit pemilik mobil yang kebingungan dan tidak tahu harus berbuat apa, apabila AC mobil mendadak tidak sejuk bahkan mengeluarkan hawa panas.

Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong, mengatakan, AC mobil yang tiba-tiba mengeluarkan hawa panas bisa beragam penyebabnya.

“Bisa dari heather bermasalah, AC-nya rusak, temperatur mesin naik, dan sebagainya,” ujar Kelvin saat dihubungi Kompas.com, Senin (13/7/2020).

Baca juga: Kaca Spion Elektrik Memang Nyaman, tetapi Ada Kelemahan

Kompresor AC mobil copotan. Hati-hati memilih.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kompresor AC mobil copotan. Hati-hati memilih.

Namun yang kerap menjadi penyebab adalah adanya masalah pada bagian komponen magnetic clutch. Komponen ini memiliki fungsi menghubungkan kompresor AC dengan putaran mesin.

Magenetic cluth yang bermasalah bisa ditunjukan dengan beberapa gejala. Pertama adalah blower AC tetap hidup, tapi embusan AC tiba-tiba terasa panas dan disusul putaran mesin yang meningkat sekitar 1.000 rpm sampai 1.500 rpm.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Power Steering Hidrolik Lebih Tahan Banjir?

“Biasanya AC akan dimatikan beberapa saat, setalah dinyalakan suhu AC kembali normal,” kata Kelvin.

Kedua, keluhan AC yang panas secara tiba-tiba mayoritas terjadi saat kendaraan terjebak kemacetan saat melaju kencang di jalan tol.

Jika kondisi ini sudah terjadi, Kelvin menyarankan pemilik kendaraan sebaiknya lakukan pengecekan ke bengkel terdekat agar bisa diketahui apa penyebabnya.

“Sebab kondisi tersebut merupakan indikasi adanya kerusakan pada komponen AC, jadi agar tidak semakin parah harus segera di bawa ke bengkel terdekat,” ucapnya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X