Mengenal Ban Teknologi Seal Inside, Aman Lewati Paku

Kompas.com - 13/07/2020, 14:41 WIB
Seal inside tire IstimewaSeal inside tire

JAKARTA, KOMPAS.com – Seiring berjalannya waktu, teknologi pada ban kendaraan terus berkembang. Saat ini sudah ada ban yang bisa tetap melaju walaupun tidak ada tekanan udaranya yang dikenal Run Flat Tire (RFT).

Selain itu, ada juga teknologi yang dikenal dengan seal inside tire. Seal inside tire merupakan ban yang dapat menambal dirinya sendiri bila terjadi lubang akibat tertusuk benda tajam saat digunakan. Bagian dalam telapak ban seal inside dilapisi oleh gel yang bisa menambal lubang.

Independent Tire Analyst dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Bambang Widjanarko mengatakan, lapisan gel ditempelkan melapisi bagian dalam telapak ban secara merata.

Baca juga: Ban Tubeless Kena Paku, Jangan Langsung Dicabut

seal inside tireIstimewa seal inside tire

“Jika memakai cairan anti bocor pada ban, akan sulit balansnya karena cairan tersebut senantiasa berlarian di dalam ban. Berbeda dengan seal inside tire yang lapisan gelnya merata, sehingga bisa di balancing,” ucap Bambang kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bambang mengatakan, kalau telapak ban menginjak paku, baik dicabut atau tidak, gel tersebut akan langsung menutup, melapisi bekas lubangnya. Jadi teknologi ini bisa mengurangi kemungkinan ban kehilangan tekanan secara tiba-tiba saat melindas benda tajam.

Teknologi ini mengurangi hampir 85 persen kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat ban yang kempis secara tiba-tiba,” kata Bambang.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Berapa Bayar Pajak Kendaraan Tanpa Keluar Rumah

Namun, adanya seal pada bagian dalam ban bukan berarti tidak perlu diperbaiki. Seal pada ban bersifat sebagai penolong sementara saja, tidak menjamin perbaikan secara permanen. Oleh karena itu, pengemudi disarankan secara teratur memantau ban yang digunakan.

“Pada ban yang dilapis dengan seal dan terjadi tusukan, perlu untuk dilakukan perbaikan setelah ban selesai beroperasional,” ucapnya.

Seal inside tireIstimewa Seal inside tire

Bambang menjelaskan, ketika perbaikan, lapisan seal pada area tusukan harus dibersihkan sampai pada lapisan butyl yang kedap. Selanjutnya perbaikan ban dilakukan seperti pada perbaikan ban tubeless standar.

Perlu diingat, seal inside tire berbeda dengan RFT yang didesain untuk bisa melaju tanpa tekanan udara. Namun seal inside tire tidak butuh pelek khusus, jadi bisa digunakan untuk mobil apa saja, tergantung ukurannya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X