Kompas.com - 13/06/2020, 12:01 WIB
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi otomotif menghadirkan inovasi pada kendaraan bermotor. Salah satunya adalah menghilangkan kick starter atau starter engkol pada sepeda motor.

Produk kendaraan roda dua sekarang ini sudah banyak yang meniadakan perangkat penghidup mesin manual ini. Berbagai pertimbangan tentunya dilakukan oleh pabrikan dengan opsi ini.

Bagi sebagian orang, tidak adanya kick starter ini memunculkan kekhawatiran jika nantinya aki drop. Mengingat, saat menghidupkan mesin tentunya harus selalu memakai elektrik starter.

Baca juga: Motor Injeksi Tak Boleh Kehabisan Bensin, Mitos atau Fakta?

Apabila aki lebih sering digunakan, terutama saat awal menghidupkan kendaraan, akan berdampak pada masa pakai baterai itu sendiri.

Rumor generasi baru Honda PCX 150 Foto: GreatBiker Rumor generasi baru Honda PCX 150

Tentunya akan menimbulkan permasalahan baru karena motor tidak bisa dinyalakan secara elektrik. Tetapi, benarkah motor tanpa kick starter akan membuat aki lebih cepat drop?

Senior Instructor Astra Motor Training Center Semarang Fachrul Reza menjelaskan bahwa anggapan tersebut tidaklah benar.

Hal ini karena saat motor tidak ada starter engkol tentunya pabrikan sudah mempertimbangkan dengan memperbesar kapasitas aki yang digunakan.

Baca juga: Biaya Resmi Perpanjang Masa Berlaku SIM C

Reza mengatakan, beberapa tipe sepeda motor Honda injeksi terbaru tanpa menggunakan kick starter, sehingga hanya ada elektrik starter.

"Hal ini telah diperhitungkan oleh pabrikan sepeda motor dengan menggunakan baterai atau aki dengan kapasitas yang lebih besar," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (12/6/2020).

Ilustrasi kick starter skutiktvsscooty.com Ilustrasi kick starter skutik

Dengan kapasitas yang lebih besar tersebut, tambah Reza, otomatis akan mampu menyuplai kebutuhan listrik pada sepeda motor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.