Mobil Bekas Banjir Rob Harganya Jadi Lebih Murah?

Kompas.com - 06/06/2020, 16:37 WIB
Bursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan Kompas.com/DioBursa mobil bekas di Mall Blok M Lt. Basement, Jakarta Selatan

JAKARTA, KOMPAS.comBanjir rob terjadi di daerah Jakarta Utara, yakni di Pantai Mutiara, Sabtu (6/6/2020). Mobil yang sering melintasi jalan banjir atau air asin, akan mengalami beberapa masalah pada kaki-kaki.

Air asin dari laut memiliki sifat yang korosif kepada bahan besi. Jika kendaraan sering melewati banjir rob, kerusakan yang terjadi pada kaki-kaki mobil seperti berkarat atau paling parah keropos pada sasis dan bodi.

Lalu bagaimana dengan harga jual mobil bekas yang tinggal di daerah rawan banjir rob, apakah lebih murah dari kendaraan lainnya?

Baca juga: Pantai Mutiara Banjir, Waspada Bahaya Air Laut pada Mobil

Pengendara sepeda motor saat menuntut motornya yang mogok karena terendam banjir di jalan Yos Sudarso Semarang, Kamis (4/6/2020).KOMPAS.com/RISKA FARASONALIA Pengendara sepeda motor saat menuntut motornya yang mogok karena terendam banjir di jalan Yos Sudarso Semarang, Kamis (4/6/2020).

Pedagang Mobil Bekas dari Showroom Jordy Motor MGK Kemayoran, Andi mengatakan, harga mobil pada daerah rawan banjir rob memang ada perbedaan, tergantung dari kondisi kendaraannya ketika ingin dijual.

“Kalau misalnya pada bagian bodi ada keropos, selisihnya bisa Rp 10 juta dibanding mobil yang sama. Sedangkan kalau enggak terlalu parah, perbedaannya Rp 5 juta,” kata Andi kepada Kompas.com, Sabtu (6/6/2020).

Baca juga: Modifikasi Ganti Muka Toyota Hilux Jadi Fortuner

Cara mudah untuk memastikan kendaraannya bukan dari area rawan banjir rob, yaitu dengan melihat STNK-nya.

Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan, setelah mengetahui asal kendaraannya, bisa diperiksa lebih teliti lagi.

“Dari STNK kan ketahuan alamatnya, kalau dari area banjir, harus lebih teliti memeriksanya. Bisa cek kolong kendaraannya, ada keropos atau tidak. Selama enggak keropos, tidak akan turun harganya,” ucap Herjanto kepada Kompas.com.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X