Absen Akibat Pandemi, Kalender Balap Indonesia Mulai Lagi Juli 2020

Kompas.com - 06/06/2020, 14:53 WIB
Balap Mobil Retro di ajang ISSOM cukup ramai peminatnya tribunnews.comBalap Mobil Retro di ajang ISSOM cukup ramai peminatnya
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ajang motorsport jadi salah satu sektor yang vakum untuk sementara waktu, lantaran virus corona. Dalam beberapa bulan terakhir semua balapan terhenti, baik ajang internasional, maupun nasional.

Jeffrey JP, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia ( IMI), mengatakan, Indonesia terakhir menggelar balap pada bulan Februari berupa ajang gokart Asia yang berlangsung di Sirkuit Sentul Kecil.

Pihaknya sedang menyiapkan protokol new normal, yang akan berdasar pada protokol kesehatan dari pemerintah, dalam menyelenggarakan balap di tengah pandemi.

Baca juga: Toyota Fortuner 2020 Meluncur, Model Bekas Tahun Lama Dijual Seharga LCGC

Ajang balap mobil Honda Speed Challenge digelar di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.Dok. HJSC Ajang balap mobil Honda Speed Challenge digelar di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Kami akan lakukan secara bertahap, memang kami tidak bisa berdiam diri atau menunggu sampai pandemi berakhir,” ucap Jeffrey, kepada Kompas.com (6/6/2020).

“Kejadian ini tentu masih baru buat seluruh dunia. Kami harapkan pandemi bisa kami atasi secara bergotong royong, sesuai protokol kesehatan Covid-19, arahan FIA dan FIM, serta komunitas, seperti apa keinginan mereka terhadap langkah lebih lanjut dari organisasi,” katanya.

Menurutnya dengan dibukanya beberapa akses dari pemerintah, kemudian melandainya kurva penderita corona, bisa saja kalender balap kembali dimulai dalam waktu dekat.

Baca juga: Model Baru Meluncur, Fortuner dan Hilux Diskon Puluhan Juta Rupiah

Para pegokart yang mengikuti kejuaraan Eshark Rok Cup Indonesia 2018 di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Minggu (2/9/2018). Kompas.com/Alsadad Rudi Para pegokart yang mengikuti kejuaraan Eshark Rok Cup Indonesia 2018 di Sirkuit Karting Sentul, Bogor, Minggu (2/9/2018).

Namun kegiatan tersebut baru terbatas di wilayah dengan mayoritas zona hijau pandemi, seperti di Jakarta dan sekitarnya. Serta terbatas pada ajang balap roda empat saja.

Jeffrey mengatakan, pihaknya tidak ingin mengambil risiko jika balap dilakukan di luar Jakarta atau luar pulau Jawa.

Ia menambahkan, lokasi balap saat ini yang paling memungkinkan dalam waktu dekat hanya di Sirkuit Sentul. Dan balap perdana setelah vakum sejak Maret 2020, akan menjadi percontohan penyelenggaraan ajang lainnya.

Baca juga: Honda Freed Bergaya Sporty Dijual Mulai Rp 300 Jutaan, Tertarik?

Helm Arai CK-6 buat balap gokartist Helm Arai CK-6 buat balap gokart

“Kami harap pertengahan Juli setelah dapat rekomendasi dari pemerintah, kami akan lakukan yang pertama dari Sentul, sesuai dengan permintaan promotor dan penyelenggara,” ujar Jeffrey.

“Bulan Juli dan Agustus akan jadi tahap pertama, sementara baru balap ISSOM di Juli dan Karting One Prix di Agustus. Untuk balap lainnya akan bertahap di bulan September sampai Desember,” tuturnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X