Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi yang Malah Tak Berguna pada Motor Balap MotoGP

Kompas.com - 02/06/2020, 14:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Box Repsol

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika bicara soal teknologi pada motor, MotoGP kerap kali menjadi acuannya. Namun, ada beberapa teknologi atau inovasi yang tidak digunakan pada motor balap MotoGP.

Padahal, teknologi tersebut banyak digunakan pada kendaraan-kendaraan yang dijual secara massal. Dikutip dari BoxRepsol.com, beberapa teknologi tersebut, antara lain turbocharger dan sistem hibrida (hybrid).

Baca juga: Seberapa Panas Komponen pada Motor Balap MotoGP Saat Dipakai?

Turbocharger
Inovasi yang satu ini mampu meningkatkan performa mesin dengan menjejali udara ke dalam silinder. Sejauh ini, turbo lebih banyak digunakan pada balap mobil.

Dani Pedrosa akhirnya jalani sesi tes menggunakan motor KTM RC16.Speedweek.com Dani Pedrosa akhirnya jalani sesi tes menggunakan motor KTM RC16.

Kemungkinan motor balap MotoGP menggunakan turbo bisa saja. Namun, yang jadi permasalahan adalah pabrikan harus mendesain ulang bentuk mesin dan sebagian besar komponen di dalamnya.

Salah satu kunci perubahan adalah perlunya pengurangan kapasitas mesin agar motor tidak menjadi liar karena tenaga yang berlebih.

Baca juga: Begini Ribetnya Urusan Logistik MotoGP, Salah Sedikit Bisa Kacau

Sistem Hibrida
Kebutuhan untuk meningkatkan performa dan menemukan teknologi baru yang dapat berkontribusi untuk mengurangi emisi dan polusi membuat terciptanya sistem hibrida atau hybrid system.

Pada dasarnya, teknologi ini didasari mesin konvensional yang didukung dengan mesin elektrik. Teknologi ini sudsh digunakan bertahun-tahun di Formula 1 dan Le Mans 24 Hours.

Namun, alih-alih menggunakan hybris system, Dorna Sports malah membuka kelas baru untuk motor listrik, yakni MotoE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Box Repsol
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com