Pantai Mutiara Banjir, Ketahui Batas Aman Motor Melintas Genangan

Kompas.com - 06/06/2020, 12:02 WIB
Pengendara sepeda motor saat menuntut motornya yang mogok karena terendam banjir di jalan Yos Sudarso Semarang, Kamis (4/6/2020). KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAPengendara sepeda motor saat menuntut motornya yang mogok karena terendam banjir di jalan Yos Sudarso Semarang, Kamis (4/6/2020).

JAKARTA, KOMPAS.comBanjir rob baru saja terjadi di Jakarta Utara, terutama Pantai Mutiara sejak Sabtu (6/6/2020) dini hari. Peristiwa ini tentunya menyebabkan tergenangnya ruas jalan dan kendaraan, salah satunya sepeda motor.

Jika motor terlanjur terendam, jangan coba menyalakan mesinnya, karena hanya akan memperburuk efek dari banjir tersebut. Lalu bagaimana batas aman tinggi banjir yang merendam motor?

Technical Service Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, ada batas maksimum dari genangan air yang merendam motor.

Baca juga: Kata Komunitas Tentang Fortuner 2020 yang Harganya Tembus Rp 800 Juta

 

“Selama tinggi air masih di bawah ujung knalpot, masih aman untuk motor. Tinggi banjir yang aman untuk motor bisa dilihat dari bisa tidaknya banjir itu dilewati oleh motor,” ucap Endro kepada Kompas.com belum lama ini.

Jika air melebihi batas tersebut, jangan pernah coba menyalakan mesinnya. Khawatir ada air yang masuk ke bagian kelistrikan dan mesin. Karena biaya perbaikan komponen tersebut karena banjir bisa merogoh kocek yang dalam.

Jika motor masih berada pada batas yang aman, kata dia bisa melakukan pembilasan dengan air bersih. Melakukan pembilasan setidaknya bisa menetralisir efek dari air laut. Sebab, air laut yang asin bisa memicu timbulnya karat bahkan keropos.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X