Apa Perlu Memakai Balaclava saat Riding?

Kompas.com - 06/06/2020, 10:02 WIB
Balaclava otosia.comBalaclava

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika menggunakan helm, kadang ada aksesoris lain yang digunakan oleh pengendara, salah satunya balaclava. Balaclava biasanya terbuat dari kain yang menutupi area kepala sampai mulut.

Menggunakan balaclava dikatakan bisa membantu menghilangkan bau pada helm akibat keringat di kepala. Jadi, peluh yang keluar selama riding terserap oleh kain balaclava sehingga tak langsung menyentuh busa helm.

Tapi, apakah perlu menggunakan balaclava saat riding?

Setyo Suyarko, Trainer Yamaha Riding Academy On Road & Off Road, mengatakan, memakai balaclava bisa dilakukan untuk mengurangi pengendara menghirup debu dan polusi udara.

Baca juga: PSBB Transisi, Mobil Pribadi Boleh Bawa Penumpang Penuh dengan Syarat

Balaclavaaripitstop Balaclava

“Memakai balaclava cocok pada daerah yang debu dan polusi udara yang cukup tinggi, jadi bisa menyaring udaranya. Selain itu, jika ukuran helm agak longgar, bisa memakai balaclava agar lebih pas,” kata Setyo kepada Kompas.com, Jumat (5/6/2020).

Setyo juga mengingatkan, memilih balaclava tidak boleh asal-asalan. Jika menggunakan bahan yang tidak sesuai, ketika kecelakaan, helm akan lebih mudah terlepas dari kepala. Fatalitas dari kecelakaan pun bisa meningkat.

“Banyak balaclava dengan bahan yang licin dan itu tidak disarankan. Lebih baik untuk pemilihan balaclava, bisa membeli di tempat dan dengan merek yang terpercaya,” ucap Setyo.

Baca juga: Toyota Fortuner 2020 Meluncur, Model Bekas Tahun Lama Dijual Seharga LCGC

Selain itu, balaclava bisa menjadi solusi pengganti masker ketika berkendara dengan helm full face. Karena saat menggunakan masker dan helm full face, membuat pasokan oksigen tidak maksimal.

Sebelumnya, dokter umum Rumah Sakit Pertamina Bina Medika, Daniel Bramantyo, mengatakan, bagi pengendara motor yang menggunakan helm full face dan balaclava sebenarnya sudah cukup sebagai tindakan pencegahan virus.

“Namun, untuk yang menggunakan tipe helm open face tetap dianjurkan untuk menggunakan masker sebagai tindakan pecegahan.” kata Daniel kepada Kompas.com.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X