Jualan Online Jadi Pondasi Honda Hadapi Pandemi Covid-19

Kompas.com - 05/06/2020, 20:00 WIB
Teknologi 360 derajat untuk mendukung penjualan online Honda. dok HPMTeknologi 360 derajat untuk mendukung penjualan online Honda.
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri otomotif menjadi sektor yang terkena dampak dari pandemi Covid-19. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan pemerintah, membuat bisnis otomotif dari hulu ke hilir tidak lagi bisa dilakukan secara normal.

Sejumlah pabrikan yang ada di Indonesia pun langsung mengubah arah strategi penjualan dan pemasaran di tengah pandemi ini. Cara yang paling tepat dilakukan adalah masuk ke penjualan secara digital atau melalui sistem online.

PT Honda Prospect Motor menjadi salah satu merek yang langsung melakukan perubahan strategi. Meskipun secara umum penjualan mobil di Indonesia turun pada bulan April dan Mei 2020, namun tren penjualan mobil Honda yang dilakukan melalui jalur online meningkat pesat.

Baca juga: Pemilik Mobil Honda, Simak Ini Bila Ingin Servis di Rumah

Hingga akhir Mei lalu, tercatat lebih dari 20 persen dari total penjualan mobil Honda di Indonesia dilakukan secara online. Jumlah tersebut jauh meningkat dibanding kondisi pada akhir 2019 lalu, dimana penjualan secara online masih di bawah 5 persen dari seluruh total penjualan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Honda Brio RSKOMPAS.com / Gilang Honda Brio RS

“Selama masa pandemi ini, fokus Honda adalah terus memberikan layanan untuk memudahkan konsumen dari sisi penjualan maupun purnajual, terutama dalam kondisi pembatasan sosial yang mengharuskan konsumen tetap tinggal di rumah. Karena itu, jalur digital menjadi sarana yang paling tepat untuk menjalin komunikasi dengan konsumen pada saat ini,” jelas Yulian Karfili, Public Relations & Digital Manager PT Honda Prospect Motor, dalam keterangan resminya, Jumat (5/6/2020).

Baca juga: Honda Brio Salip Toyota Avanza di Penjualan April 2020

Atas catatan ini, HPM sukses meraih penghargaan “Marketing Continuity Brand” pada ajang The 2nd Marketeers iClub yang digelar oleh MarkPlus, Inc. dan Marketeers secara online. Penghargaan ini diberikan kepada Honda atas inovasi yang dilakukan dalam hal penjualan mobil secara online di tengah pembatasan sosial akibat pandemi Covid-19 di Indonesia.

Sebagai pondasi penjualan secara online, Honda menggunakan website sebagai platform utama. Konsumen bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai produk, harga, diler serta program penjualan.

Agar sensasi melihat kendaraan layaknya di ruang pamer diler, konsumen juga dapat melihat eksterior dan interior mobil dengan tampilan 360 derajat, memilih warna, serta menambahkan berbagai aksesoris dalam format tiga dimensi.

Pada ajang penghargaan ini, MarkPlus, Inc. dan Marketeers memberikan apresiasi kepada perusahaan yang dinilai memiliki Marketing Continuity and Stability Plan yang baik, yakni perusahaan yang memiliki inovasi dalam mengatasi penurunan penjualan dan mencatatkan pertumbuhan yang baik ditengah pandemi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.