Apakah Ganti Aki Kapasitas Besar Bisa Merusak Alternator?

Kompas.com - 06/06/2020, 08:22 WIB
Ilustrasi perawatan aki pada mobil personal.neacelukens.comIlustrasi perawatan aki pada mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengganti aki dengan kapasitas yang lebih besar kadang dilakukan oleh pemilik mobil. Biasanya pemilik mobil berharap kalau ganti aki dengan kapasitas yang lebih besar, akan lebih baik daya listriknya dibanding yang standar bawaan pabrik.

Aki standar setiap mobil memang berbeda-beda kapasitasnya, tergantung dari jenis kendaraan. Namun, jika mengganti aki dengan kapasitas yang lebih tinggi, apakah ada efek terhadap komponen lain?

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, menganalogikan alternator sebagai pompa dan aki ibarat ban pada mobil. Walaupun pompanya kecil, tetap bisa memompa udara ke dalam ban sampai keras.

Baca juga: Harga Mobil Murah Toyota dan Daihatsu Jadi Lebih Mahal Juni 2020

Alternator mobilcarvaganza.com Alternator mobil

“Artinya kapasitas ampere aki yang besar, asalkan tegangan yang dihasilkan alternator masih sesuai, maka arus yang masuk ke aki tetap bisa berlangsung. Namun, karena ukurannya lebih besar, maka mengisinya lebih lama,” kata Suparna kepada Kompas.com belum lama ini.

Jadi alternator bekerja lebih lama untuk mengisi aki. Sedangkan jika aki sudah terisi penuh maka nanti otomatis ada regulator sehingga alternator bebannya bisa lebih ringan. Namun beda ceritanya kalau sudah melakukan modifikasi yang membutuhkan tekanan yang besar.

Baca juga: Kata Komunitas Tentang Fortuner 2020 yang Harganya Tembus Rp 800 Juta

“Kalau pasang aksesoris yang butuh watt besar namun akinya kecil, maka kurang mampu menyuplai kebutuhan arus. Maka ketika mesin menyala, alternator ikut membantu aki memenuhi kebutuhan tegangan,” ucap Suparna.

Suparna melanjutkan, bila kebutuhan arus terlalu besar, melebihi kapasitas aki dan alternator maka bisa terjadi kerusakan pada kedua komponen tersebut. Aki dan alternator akan overload sehingga usia pakai jadi lebih pendek.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X