Harga Mobil Murah Toyota dan Daihatsu Jadi Lebih Mahal Juni 2020

Kompas.com - 05/06/2020, 08:22 WIB
Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Masuk pertengahan tahun 2020, harga mobil murah ramah lingkungan, alias low cost green car ( LCGC) rupanya sudah ada ubahan. Kondisi ini mengikuti revisi harga yang juga terjadi pada segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Daihatsu dan Toyota sudah merevisi harga mobil murahnya di Juni ini. Untuk Daihatsu, kenaikan harga terjadi baik untuk Ayla maupun Sigra.

Untuk Ayla, Daiahtsu menaikkan sebesar Rp 500.000 dari semua variannya. Model termurah saat ini dipasarkan dengan sebesar Rp 102,15 juta, sementara varian tinggi dibanderol 159,9 juta.

Baca juga: Juni 2020, Banderol Xpander, Avanza, dan Xenia Naik

Sedangkan juga untuk Sigra yang menjadi LCGC tujuh penumpang, kenaikan tiap varian sebesar Rp 1 juta. Varian teratasnya, yakni Sigra 1.2 R A/T, dari semula dipasarkan Rp 161,25 juta saat ini menjadi Rp 162,25 juta.

Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADMADM Peluncuran Daihatsu Ayla dan Sirion terbaru, Kamis (19/3/2020) dilakukan melalui live streaming akibat penyebaran virus Corona. Pembaruan di kedua model terbilang minim namun diharapkan dapat memacu pasar LCGC dan Hatchback yang melambat akibat kondisi ekonomi dan global. Foto : ADM

Namun demikian, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan, kenaikan harga Daiahtsu sebenarnya sudah dilakukan dari sebelum Lebaran.

"Naiknya tidak di Juni, tapi kami sudah merevisi harga produk itu dari 9 Mei lalu dan sebelumnya memang masih ada yang bertahan untuk menggunakan harga lama untuk berjualan sebelum Lebaran kemarin," kata wanita yang akrab disapa Amel kepada Kompas.com, Kamis (4/6/2020).

Sementara kenaikan pada produk Toyota, hanya dialami oleh Calya yang terkerek sebesar Rp 1 juta untuk tiga varian yang dipasarkan. Toyota kini memasarkan Calya mulai dari Rp 147,3 juta hingga Rp 165,8 juta.

Baca juga: Diskon Mobil Murah Juni 2020, Tembus sampai Puluhan Juta Rupiah

Untuk produk LCGC lain, seperti Suzuki Wagon R dan Honda Brio Satya tak mengalami perubahan. Begitu juga untuk Datsun yang sudah tak lagi diproduksi dan hanya menjual produk yang tersisa.

All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018STANLY RAVEL All new Honda Brio Satya di GIIAS 2018

Meski ada kenaikan, namun di Juni ini juga banyak penawaran menarik yang bisa dinikmati calon konsumen. Contoh untuk Calya yang menurut pemaparan salah satu tenaga penjual Toyota menawarkan diskon mulai dari Rp 4 juta hingga rp 5 juta.

Sedangkan Daihatsu, dikabarkan memberikan potongan harga yang lebih besar untuk Ayla, yakni dari Rp 8 juta hingga Rp 12 juta. Sementara Sigra mendapat diskon Rp 10 juta untuk NIK 2019, dan Rp 6 juta untuk 2020.

Baca juga: Ini Spesifikasi Toyota Fortuner 2020, Pakai Mesin Baru

Ilustrasi Suzuki Karimun Wagon RDok. Otomotif Group Ilustrasi Suzuki Karimun Wagon R

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X