Tren MPV Kotak Mulai Ditinggalkan, Konsumen Cari Model Bergaya SUV

Kompas.com - 16/05/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi Toyota Kijang Kotak seva.idIlustrasi Toyota Kijang Kotak
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak era 1990-an, mobil-mobil di segmen MPV didominasi oleh model yang mengotak. Sebut saja seperti Suzuki Carry ataupun Daihatsu Zebra, sementara Toyota konsisten dengan Kijang kotaknya.

Lama-kelamaan, tren MPV semakin dinamis dan mengikuti gaya sedan atau hatchback yang memiliki ‘moncong’ di bagian depan.

Bahkan saat ini MPV model kotak sudah tak selaris dulu. Mungkin tinggal Daihatsu Gran Max yang masih bisa menyaingi penjualan Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, dan lain-lain di segmen mobil penumpang.

Baca juga: Yamaha Nmax Bekas di Bursa Lelang Mulai Rp 8 Jutaan

Toyota Kijang Innova Venturer Toyota Astra Motor (TAM) Toyota Kijang Innova Venturer

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, tren MPV di Indonesia memang terus mengalami perubahan.

Setelah beralih dengan desain yang lebih manis dan membulat di beberapa sisi, kini desain MPV bahkan makin banyak yang meniru SUV.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Orang Toyota di luar negeri kalau lihat desain Kijang Innova, mereka bingung ini mobil apa? Karena MPV di seluruh dunia biasanya Alphard, Voxy, dan Sienta bentuknya mengotak,” ujar Anton, dalam diskusi daring (15/5/2020).

Baca juga: Mobil Matik Mogok Saat PSBB, Perhatikan Cara Dorong yang Benar

Toyota Alphard HybridTAM Toyota Alphard Hybrid

“Sementara Kijang Innova bingung modelnya. Kami sebutnya MPV yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Buat konsumen yang mau MPV tapi tidak terlalu kotak,” katanya.

Anton menambahkan, penjualan MPV kotak kini lebih spesifik mengisi pasar kendaraan komersial. Khususnya untuk model-model di segmen bawah.

“Sementara kalau pasar di atasnya tetap lebih suka desain yang mengotak. Seperti MPV mewah masih didominasi Alphard atau Voxy,” ucap Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.