Cara Menggunakan Engine Brake pada Motor Matik

Kompas.com - 16/05/2020, 11:41 WIB
Ilustrasi motor matik Stanly/OtomaniaIlustrasi motor matik
Penulis Ari Purnomo
|

SEMARANG, KOMPAS.com - Engine brake atau mengurangi kecepatan kendaraan dengan menggunakan hambatan putaran mesin, biasanya dilakukan pada kendaraan yang menggunakan transmisi manual. Baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua.

Meski begitu, bukan berarti kendaraan dengan transmisi otomatis tidak bisa menggunakan teknik tersebut untuk menahan laju kendaraan.

Cara ini biasanya diperlukan untuk mengurangi penggunaan rem saat kendaraan melaju di jalanan menurun atau medan berbukit.

Baca juga: Catat, Ini 2 Kesalahan Pengemudi Mobil Transmisi Matik

Pasalnya, jika rem terlalu sering dipakai bisa menyebabkan terjadinya vapor lock atau adanya uap air pada sistem pengereman, akibatnya rem bisa los atau gagal fungsi.

Begitu pula dengan kendaraan roda, jika terlalu sering menggunakan rem tangan maka bisa menyebabkan terjadi pemuaian sehingga rem menjadi tidak berfungsi.

Ada teknik khusus agar bisa memanfaatkan engine brake pada kendaraan matik. Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto mengatakan, engine brake ini bisa digunakan saat motor melewati jalan turunan tajam.

rem dengan empat jariKompas.com/Fathan Radityasani rem dengan empat jari

Selain menggunakan rem secara bergantian antara depan dan belakang pengendara juga bisa memaksimalkan engine brake. Caranya adalah dengan menahan putaran gas rendah.

“Khusus matik agar bisa ada engine brake, gas harus ditahan agar kopling tersambung sehingga kecepatan roda belakang yang lebih tinggi bisa ditahan oleh putaran mesin yang rendah,” katanya kepada Kompas.com, Jumat (15/5/2020).

Baca juga: Cara Berkendara Mobil Transmisi Matik yang Benar di Jalan Menanjak

Dengan memanfaatkan engine brake ini, maka bisa menghindari terjadinya panas secara berlebihan pada rem.

Pasalnya, jika rem terlalu sering digunakan akan bisa menyebabkan panas berlebih akibatnya rem menjadi tidak berfungsi atau los.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X