Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Indonesia Setop Aktivitas Pabrik sampai Juni

Kompas.com - 15/05/2020, 13:29 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali memutuskan untuk memperpanjang masa penghentian produksi kendaraan bermotor selama masa tanggap virus corona (Covid-19) di Tanah Air.

Melalui keterangan tertulis, penghentian kegiatan di pabrik Sunter dan Karawang Toyota mulai berlaku pada 11 Mei hingga 1 Juni 2020. Diharapkan, usai periode pembatasan sosial berskala besar (PSBB) serta hari raya Idul Fitri 1441 H, operasional kembali berjalan.

"Sepanjang penangguhan produksi, kami akan terus memantau situasi dengan seksama situasi terkini, termasuk pembaruan pada kondisi penawaran dan permintaan di pasar," ujar Direktur Administrasi, Korporasi, dan Hubungan Eksternal TMMIN Bob Azam, Kamis (14/5/2020).

Baca juga: Penjualan Mobil Indonesia Terus Tertekan Sampai 2022

Pabrik Toyota Australia.Motoring.com.au Pabrik Toyota Australia.

Kemudian, dalam upaya menjaga stabilitas kebutuhan konsumen, perseroan tetap melaksanakan beberapa pekerjaan, di antaranya ekspor dan logistik. Namun, pelaksanaannya diawasi dengan ketat sesuai dengan protokol kesehatan.

Sebelumnya, TMMIN telah melakukan penghentian kegiatan produksi mulai 13 April, menyusul imbauan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona melalui PSBB dan work from home (WFH).

Baca juga: 2 Karyawan Positif Covid-19, Toyota Jamin Keamanan Produk dan Layanan

Kemudian pada 17 April, perseroan kembali mengumumkan untuk memperpanjang masa aktivitas produksi, yaitu hingga 24 April.

Namun, beberapa fungsi tetap dioperasikan dengan pengaturan satu shift sesuai izin dari Kementerian Perindustrian, yakni operasi untuk memenuhi layanan dan komitmen ekspor kendaraan bermotor.

"Ini sebagai bagian tanggung jawab kami sebagai basis produksi untuk produksi dan ekspor. Kami sudah memastikan kecukupan pasokan selama pemberhentian ini. Selanjutnya, kami akan terus memantau kondisi terkini," ujar Bob.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com