Apakah Lampu Variasi Bus Aman buat Pengguna Jalan Lain?

Kompas.com - 11/05/2020, 10:22 WIB
Bus AKAP lampu variasi blogspotBus AKAP lampu variasi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan pariwisata biasanya memasang lampu variasi seperi strobo dan LED bar pada kendaraan. Tujuannya yaitu agar menarik perhatian penumpang dan sebagai ciri khas dari bus tersebut.

Namun, apakah penggunaan lampu tersebut aman bagi pengguna jalan lain?

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC), mengatakan, dalam sisi keselamatan, lampu yang menyilaukan tentunya bisa berbahaya bagi pengguna jalan lain.

“Intensitas dari lampu dengan lumen yang tinggi tentunya akan mengganggu pengguna jalan lain. Tetapi tidak semua jenis lampu variasi memiliki lumen yang tinggi, sehingga tidak mengganggu,” kata Jusri kepada Kompas.com, Minggu (10/5/2020).

Baca juga: Cerita Bus AKAP Jakarta-Surabaya Cuma Bawa 1 Penumpang, Pakai Stiker Khusus

Bus AKAP lampu variasiPikdo Bus AKAP lampu variasi

Jusri juga mengatakan, selama lampu variasi yang digunakan tidak mengganggu, aman-aman saja untuk digunakan. Secara hukum, pada UU Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 59 Ayat 2, mengatur hanya tiga warna lampu isyarat, yaitu merah, biru, dan kuning.

“Variasi lampu bus yang warna-warni juga kadang tidak menyilaukan dibanding strobo atau foglamp yang digunakan oleh kendaraan kecil,” ucap Jusri.

Baca juga: Tidur di Dalam Mobil Lebih Aman Kondisi Mesin Hidup atau Mati?

Bahkan lampu variasi yang ada di bagian belakang bus bisa menjadi hiburan tersendiri ketika berada di perjalanan. Jalan tol yang stagnan dan gelap, ketika ada bus lewat dengan variasi lampu yang warna-warni, pengemudi menjadi tidak bosan.

“Pengemudi bus juga tidak selalu menyalakan lampu variasinya. Paling saat mau masuk ke kota atau terminal, agar menarik perhatian dari penumpang,” kata dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X