Penyebab Ban Depan Mobil Lebih Cepat Aus Dibandingkan Belakang

Kompas.com - 07/05/2020, 10:42 WIB
Pentingnya mengecek tekanan udara ban mobil Pentingnya mengecek tekanan udara ban mobil

JAKARTA, KOMPAS.comBan mobil pasti mengalami keausan jika dipakai. Biasanya ban bagian depan akan lebih cepat aus dibanding belakang. Hal ini berlaku bagi mobil dengan penggerak depan maupun belakang.

Mengapa ban pada bagian depan bisa lebih cepat aus dibanding belakang?

Zulpata Zainal, On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Tbk., mengatakan, ban depan mobil memiliki kinerja yang lebih berat dibanding belakang.

Baca juga: PSBB Jabar Berlaku Hari Ini, Motor dan Ojol Boleh Boncengan

Kondisi ban aus berbulupopularmechanics.com Kondisi ban aus berbulu

“Ban depan lebih cepat aus karena sebagai pengarah dari laju kendaraan. Selain itu, waktu pengereman, ban depan lebih berat kerjanya, bobot kendaraan juga sebagian besar ke arah depan,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Rabu (6/5/2020).

Zulpata juga menambahkan, sebagai pengarah laju kendaraan, ban depan paling sering digesek ke aspal, seperti membelokan setir ketika jalan lurus. Hal seperti itu yang membuat ban depan lebih cepat aus.

Baca juga: Berhenti di Lampu Merah, Gigi Mobil Matik Sebaiknya di D atau N?

“Cara berkendara seperti rem mendadak, menikung agak cepat sampai selip, ditambah kelurusan roda kurang sempurna/spooringnya kurang baik, hal-hal seperti ini yang membuat ban depan cepat aus,” kata Zulpata.

Agar keausan ban bisa rata setiap bannya, bisa lakukan rotasi ban setiap 10.000 kilometer. Perhatikan juga tekanan udara pada bannya, sesuaikan dengan standar dari pabrikan agar keausan ban bisa maksimal.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X