Deteksi Kesehatan Mesin dari Warna Asap Knalpot

Kompas.com - 06/05/2020, 19:21 WIB
Ilustrasi asap putih keluar dari knalpot mobil Foto: Paulan.orgIlustrasi asap putih keluar dari knalpot mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendeteksi kerusakan komponen mobil ternyata tidak hanya dilakukan pemeriksaan pada bagian mesin. Tapi juga bisa dideteksi dari warna asap yang keluar dari knalpot.

Berdasarkan warna asap knalpot tersebut bisa diketahui kerusakan atau permasalahan yang terjadi pada mobil. Hal ini karena beda warna asap bisa menunjukan indikasi permasalahan yang terjadi pada mobil.

Maka dari itu, pemilik mobil cukup memperhatikan warna asap yang keluar dari knalpot, apakah warna yang keluar berwarna putih atau hitam.

Baca juga: Potong Kabin Belakang, Suzuki Jimny Berubah jadi Pikap

Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, mengatakan, jika mesin mobil dinyalakan dan dari knalpot keluar asap secara terus-menerus, berarti ada permasalahan pada kendaraan.

Ilustrasi knalpot menembak.Febri Ardani/Otomania Ilustrasi knalpot menembak.

“Kalau asap pada pagi hari dan kemudian hilang itu wajar, tetapi kalau asap keluar terus-menerus perlu dilakukan pemeriksaan atau pengecekan,” ujar Anjar kepada Kompas.com.

Jika mobil dalam kondisi normal, knalpot seharusnya tidak akan mengeluarkan asap secara terus-menerus. Untuk mendeteksi kerusakan bisa dilihat dari warna asap knalpot.

Baca juga: Kaca Mobil Gelap Efektif Tangkal Kejahatan

“Jika asap berwarna putih, kemungkinan terjadi karena oli ikut terbakar, jadi oli masuk ke ruang bakar. Hal ini terjadi karena adanya komponen yang aus, seperti sil-sil yang sudah rusak atau bahkan ring piston yang sudah haus,” katanya.

Sementara itu, jika asap yang keluar dari knalpot berwarna hitam berarti ada campuran udara dan bahan bakar terlalu gemuk.

“Kalau asapnya berwarna hitam, tandanya ada bahan bakar yang berlebih terbakar. Idealnya, asap yang keluar dari knalpot tidak berwarna,” ujar Anjar.

Untuk mengetahui secara pasti jenis kerusakan, Anjar menyarankan, pemilik mobil sebaiknya segera lakukan pengecekan di bengkel sebelum kerusakannya semakin parah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.