Trik Mudah Hindari Modus Pencurian Pecah Kaca Mobil

Kompas.com - 06/05/2020, 16:33 WIB
Ilustrasi pencurian mobil di pinggir jalan Twitter.com/@tirta_hudhiIlustrasi pencurian mobil di pinggir jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna mobil harus ekstra waspada ketika parkir di mal, pinggir jalan, atau tempat terbuka lainnya. Pasalnya, belakangan ini sedang marak modus pencurian dengan memecahkan kaca.

Ada salah satu anggapan yang mengatakan, salah satu cara terhindar dari modus pencurian tersebut, yaitu ketika parkir kaca samping dibuka sedikit (1cm) , agar sirkulasi udara dan kaca menjadi tidak mudah dipecahkan oleh pecahan busi.

Lantas, apakah cara seperti itu bisa dilakukan? Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, menyatakan, cara tersebut memang bisa mengurangi risiko pencurian.

Baca juga: Kaca Mobil Gelap Efektif Tangkal Kejahatan

Ilustrasi kaca film 3M Auto Film Crystaline Series3M Ilustrasi kaca film 3M Auto Film Crystaline Series

“Memang bisa mengurangi resiko pencurian, namun bukan menghindari. Karena dengan turunnya sedikit kaca, maka ruangan dalam tidak kedap sehingga dibutuhkan tenaga yang lebih besar untuk pecahkan kaca mobil,” ujar Bambang kepada Kompas.com, Rabu (06/05/2020)

Baca juga: Hindari Modus Pecah Kaca, Begini Cara Simpan Barang di Mobil yang Aman

Selain itu, Bambang menambahkan, tergantung juga seberapa kencang dan tajam benda yang digunakan oleh pencurinya.

Oleh sebab itu, Bambang menyarankan pemilik mobil sebaiknya melakukan beberapa tindakan pencegahan agar tidak terjadi hal tersebut.

“Preventifnya bisa dengan memasang kaca film, dan memastikan tempat parkirnya di tempat yang aman atau ada penjaganya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membawa barang-barang berharga saat keluar mobil, meskipun hanya sebentar,” kata Bambang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X