Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Mudah Hindari Modus Pencurian Pecah Kaca Mobil

Kompas.com - 06/05/2020, 16:33 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna mobil harus ekstra waspada ketika parkir di mal, pinggir jalan, atau tempat terbuka lainnya. Pasalnya, belakangan ini sedang marak modus pencurian dengan memecahkan kaca.

Ada salah satu anggapan yang mengatakan, salah satu cara terhindar dari modus pencurian tersebut, yaitu ketika parkir kaca samping dibuka sedikit (1cm) , agar sirkulasi udara dan kaca menjadi tidak mudah dipecahkan oleh pecahan busi.

Lantas, apakah cara seperti itu bisa dilakukan? Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, menyatakan, cara tersebut memang bisa mengurangi risiko pencurian.

Baca juga: Kaca Mobil Gelap Efektif Tangkal Kejahatan

Ilustrasi kaca film 3M Auto Film Crystaline Series3M Ilustrasi kaca film 3M Auto Film Crystaline Series

“Memang bisa mengurangi resiko pencurian, namun bukan menghindari. Karena dengan turunnya sedikit kaca, maka ruangan dalam tidak kedap sehingga dibutuhkan tenaga yang lebih besar untuk pecahkan kaca mobil,” ujar Bambang kepada Kompas.com, Rabu (06/05/2020)

Baca juga: Hindari Modus Pecah Kaca, Begini Cara Simpan Barang di Mobil yang Aman

Selain itu, Bambang menambahkan, tergantung juga seberapa kencang dan tajam benda yang digunakan oleh pencurinya.

Oleh sebab itu, Bambang menyarankan pemilik mobil sebaiknya melakukan beberapa tindakan pencegahan agar tidak terjadi hal tersebut.

“Preventifnya bisa dengan memasang kaca film, dan memastikan tempat parkirnya di tempat yang aman atau ada penjaganya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membawa barang-barang berharga saat keluar mobil, meskipun hanya sebentar,” kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com