Mengenal Julukan Unik Bus AKAP, dari Maserati sampai Captain Amerika

Kompas.com - 02/05/2020, 08:22 WIB
Bus Pariwisata langlang buana tourBus Pariwisata

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan pariwisata memiliki banyak trayek dan bentuk. Saat ini, tidak sedikit bus AKAP ataupun pariwisata memiliki nama panggilan.

Dimas Raditya, anggota dari forum Bismania Indonesia, mengatakan, pemberian nama pada bus sudah banyak dilakukan dari berbagai PO. Biasanya penamaan tersebut hanya untuk sebutan saja yang mudah diingat.

“Biasanya yang memberi nama itu bisa dari pemilik PO nya, atau dari kru bus tersebut. Kadang ada yang memiliki arti tersendiri, tapi biasanya agar gampang dihafal saja,” ucap Dimas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ada Risikonya, Perhatikan Hal Ini Saat Isi Bensin Tanpa Keluar Mobil

Bus AKAP Szarabajkabigsta.net Bus AKAP Szarabajka

Penamaan ini juga ada pada bus pariwisata. Seperti yang dilakukan oleh bus pariwisata dari Subur Jaya. Nama-nama yang diambil pun beragam, mulai dari merek mobil sport seperti Lamborghini, Maserati, Bugatti, sampai nama karakter super hero seperti Iron Man, Captain America, dan sebagainya.

Penamaan juga dilakukan oleh PO Sudiro Tungga Jaya dengan menamai busnya Szarabajka dan Shankara. Biasanya bus yang memiliki julukan, pada bagian depannya ditempeli stiker namanya, bisa dibagian kaca atas atau pemisah antara kaca atau bando pada bus double glass.

Baca juga: Lakukan 3 Hal Ini Sebelum Mulai Mengemudikan Mobil

“Penamaan bus ini biasanya sudah dikasih sedari dalam karoseri. Jadi dari karoseri sudah ditempeli stiker nama julukannya,” kata Dimas.

Jadi saat pembuatan bodi bus di karoseri, pemilik bus sudah memesan untuk dipasangkan stiker pada bagian depan bus. Uniknya lagi, setiap bus yang memiliki julukan, memiliki akun penggemar di Instagram.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X