Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Julukan Unik Bus AKAP, dari Maserati sampai Captain Amerika

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus antar kota antar provinsi (AKAP) dan pariwisata memiliki banyak trayek dan bentuk. Saat ini, tidak sedikit bus AKAP ataupun pariwisata memiliki nama panggilan.

Dimas Raditya, anggota dari forum Bismania Indonesia, mengatakan, pemberian nama pada bus sudah banyak dilakukan dari berbagai PO. Biasanya penamaan tersebut hanya untuk sebutan saja yang mudah diingat.

“Biasanya yang memberi nama itu bisa dari pemilik PO nya, atau dari kru bus tersebut. Kadang ada yang memiliki arti tersendiri, tapi biasanya agar gampang dihafal saja,” ucap Dimas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Penamaan ini juga ada pada bus pariwisata. Seperti yang dilakukan oleh bus pariwisata dari Subur Jaya. Nama-nama yang diambil pun beragam, mulai dari merek mobil sport seperti Lamborghini, Maserati, Bugatti, sampai nama karakter super hero seperti Iron Man, Captain America, dan sebagainya.

Penamaan juga dilakukan oleh PO Sudiro Tungga Jaya dengan menamai busnya Szarabajka dan Shankara. Biasanya bus yang memiliki julukan, pada bagian depannya ditempeli stiker namanya, bisa dibagian kaca atas atau pemisah antara kaca atau bando pada bus double glass.

“Penamaan bus ini biasanya sudah dikasih sedari dalam karoseri. Jadi dari karoseri sudah ditempeli stiker nama julukannya,” kata Dimas.

Jadi saat pembuatan bodi bus di karoseri, pemilik bus sudah memesan untuk dipasangkan stiker pada bagian depan bus. Uniknya lagi, setiap bus yang memiliki julukan, memiliki akun penggemar di Instagram.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/02/082200015/mengenal-julukan-unik-bus-akap-dari-maserati-sampai-captain-amerika-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke