Honda NAVi, Skutik Mungil dari India yang Mau Masuk Indonesia

Kompas.com - 08/04/2020, 10:22 WIB
Honda NAVi yang dipasarkan di India overdrive.inHonda NAVi yang dipasarkan di India

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda cukup beragam punya portofolio   skuter matik ( skutik) dengan desain yang unik. Salah satunya adalah Honda NAVi, skutik mungil yang merupakan saudara Zoomer-X dari India.

NAVi pertama kali diluncurkan pada 2016 lalu dan dipasarkan di India. Modelnya seperti motor sport, tapi sebenarnya motor ini dibekali mesin matik.

Baca juga: Mengulik Sejarah Panjang Skutik Telanjang Honda Zoomer

Motor 4-tak ini dibekali mesin satu silinder berkapasitas 110 cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 7,93 tk dengan torsi sebesar 8,96 Nm. Sistem pembakarannya masih mengandalkan karburator.

Honda NAVi yang dipasarkan di Indiamotorcyclespecs.co.za Honda NAVi yang dipasarkan di India

Bagian kaki-kakinya cukup unik, karena ukuran pelek depan dan belakang berbeda. Pelek depan menggunakan ukuran 12 inci, sedangkan yang belakang hanya 10 inci.

Suspensinya masih standar, sama seperti skutik pada umumnya. Suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang monoshock di sebelah kiri.

Sistem pengereman masih belum dibekali rem cakram. NAVi masih mengandalkan rem teromol, baik untuk bagian depan maupun belakang.

Baca juga: Importir Umum Berani Jual Honda Zoomer-X, AHM Belum Tertarik

Salah satu keunikan dari NAVi ada di bagian bagasinya. Bukan berada di bawah jok, tapi di bawah tangki bahan bakarnya. Ruang kosong di bawah tangki dimanfaatkan untuk bagasi. Uniknya lagi, bagasi ini mirip koper yang bisa dilepas dari motor.

Meski tidak dijual di Indonesia oleh PT Astra Honda Motor (AHM), tapi kabarnya NAVi tetap akan masuk ke Tanah Air melalui importir umum, Probike.

Honda NAVi yang dipasarkan di Indiaoverdrive.in Honda NAVi yang dipasarkan di India

Hendrik David, pemilik Probike, mengatakan, di India ada motor yang modelnya Zoomer-X. Harganya bahkan lebih murah dibanding Zoomer-X.

"Saya lagi berencana untuk impor motor ini, tapi masih ditunda dulu, tunggu keadaan membaik. Selain itu, saya juga tunggu yang versi injeksinya keluar. Versi yang sekarang kan masih pakai karburator," ujar Hendrik, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Di India, Honda NAVi dibanderol 44.775 rupee atau sekitar Rp 9,5 jutaan. Jika masuk ke Indonesia, harganya mungkin bisa mencapai dua kali lipat atau tiga kali lipat.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X