Mengulik Sejarah Panjang Skutik Telanjang Honda Zoomer

Kompas.com - 07/04/2020, 09:22 WIB
Skutik Honda Ruckus yang juga dikenal dengan nama Zoomer IstimewaSkutik Honda Ruckus yang juga dikenal dengan nama Zoomer

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda memiliki sejarah panjang skuter matik (skutik) dengan desain yang sangat berani dan tidak membosankan. Skutik tersebut adalah NPS50.

NPS50 lebih dikenal dengan nama Ruckus atau Zoomer. Tidak ada perbedaan antara Ruckus dengan Zoomer. Ruckus merupakan nama yang digunakan untuk skutik ini ketika dipasarkan di Amerika Utara dan Kanada. Sementara Zoomer, dipakai di Jepang dan Eropa.

Baca juga: Honda Zoomer, Skutik Bertampang Bad Boy

Skutik ini pertama kali meluncur di tahun 2001 di Jepang. Sejak pertama meluncur, desainnya sudah tidak lazim seperti skutik pada umumnya.

Zoomer dibuat telanjang untuk menonjolkan bagian rangka belakang. Selain itu, penggunaan ban yang gambot juga membuat tampilannya semakin unik.

Skutik Honda Ruckus yang juga dikenal dengan nama ZoomerIstimewa Skutik Honda Ruckus yang juga dikenal dengan nama Zoomer

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di 2003, Zoomer dijual di Amerika Utara dan untuk pertama kalinya nama Ruckus menjadi populer. Honda juga memasarkan skutik ini di Eropa pada tahun 2005.

Ada sedikit perbedaan spesifikasi untuk Eropa. Zoomer dibekali dengan empat klep dan sistem pembakaran injeksi.

Tahun 2006, Honda melakukan peningkatan di bagian sistem ventilasi pada mesin Zoomer yang berkapasitas 50 cc tersebut. Mesinnya lebih bertenaga, tapi juga lebih irit konsumsi bahan bakarnya.

Baca juga: Honda BeAT Pop Zoomer Karya Katros Garage

Di 2007, Honda merevisi tampilan Zoomer dengan mengeluarkan Deluxe Edition. Perbedaannya ada di bagian cat, pelek, dan kulit joknya.

Skutik tersebut hanya dijual di Jepang. Namun, Zoomer di Jepang baru dibekali dengan sistem injeksi pada tahun 2008.

Tidak ada ubahan atau penyegaran tampilan hingga pada tahun 2012 Honda mengeluarkan edisi spesial. Zoomer dibekali dengan warna putih dan kulit jok berwarna merah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.