Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Diler Motor Cegah Penularan Virus Corona

Kompas.com - 08/04/2020, 08:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan bisnis otomotif di Indonesia belum sepenuhnya mengaplikasikan sistem kerja dari rumah atau work from home (WFH), guna mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Meski demikian, berbagai aktivitas telah mengalami penyesuaian seperti selalu rutin dilakukan pengecekan suhu badan dan adanya pembatasan jarak, sebagaimana dilakukan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) selaku diler resmi motor Honda di Jakarta dan Tangerang.

"Diler kami masih memberikan pelayanan (penjualan maupun purna jual). Terkait tindakan antisipasi penyebaran virus corona di diler, kami rutin melakukan pengecekan suhu tubuh dan menyediakan cairan steril hand sanitizer," kata Group Head Wahana, Evi Haryadi belum lama ini.

Baca juga: Ragam Motor Bekas Rp 10 Jutaan yang Banyak Dicari Pembeli

Pengecekkan suhu tubuh di diler motor HondaKOMPAS.com/Ruly Pengecekkan suhu tubuh di diler motor Honda

Tidak hanya itu, pengawasan kepada kesehatan karyawan juga diperketat. Secara rutin, ruang kerja disemprot cairan anti bakteri dan mengoptimalkan teleconference meeting.

"Shift juga kami batasi guna mengurangi perkumpulan orang banyak," ujar Evi.

Hal serupa dilakukan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di diler. Meski ada pemberhentian produksi sementara, layanan pembelian dan purna jual atau servis masih berjalan secara normal.

"Hanya saja kami mengimbau agar konsumen atau calon konsumen bisa stay at home, biar kami yang datang ke tempat mereka," kata Manager Public Relation PT YIMM Antonius Widiantoro kepada Kompas.com.

Baca juga: Saat WFH, Bisa Sambil Setel Rantai Motor di Rumah

Layanan Service Kunjung Yamaha (SKY)Istimewa Layanan Service Kunjung Yamaha (SKY)

"Pemesanan unit bisa dilakukan melalui telepon maupun online. Sementara untuk servis motor dapat memanfaatkan service kunjung yamaha (SKY)," kata dia.

Adapun layanan servis yang bisa dilakukan di rumah meliputi perawatan berkala dan penggantian komponen tertentu (harus menghubungi diler dahulu). Teknisi akan dilengkapi masker dan hand sanitizer sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona.

Tidak hanya itu, sepeda motor konsumen juga akan disemprot dengan disinfektan setelah selesai dilakukan servis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com