Awal 2020, Xpander Cross Sundul Daihatsu Terios

Kompas.com - 04/04/2020, 07:42 WIB
Mitsubishi resmi memperkenalkan Xpander Cross Kompas.comMitsubishi resmi memperkenalkan Xpander Cross

 

JAKARTA, KOMPAS.com – Awal 2020, persaingan segmen Low sport utility vehicle ( LSUV) atau low  crossover  semakin ramai setelah kedatangan Suzuki XL7. Mobil ini mengisi pasar yang sebelumnya telah dihuni Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V, Toyota Rush, serta Daihatsu Terios.

Dari sekian model yang disebutkan, menarik untuk mengetahui Low SUV mana yang paling banyak terjual pada awal 2020.

Apalagi sejak masuk Januari, lalu disusul Februari, banyak peristiwa yang berdampak pada penurunan penjualan kendaraan.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Eks Taksi, Mulai Rp 60 Jutaan Bisa Dapat Sedan

 

Toyota Rush laris manis di pasar domestik maupu mancanegaraTAM Toyota Rush laris manis di pasar domestik maupu mancanegara

Mulai dari banjir yang terjadi di kawasan Jabodetabek, penurunan harga logistik, perang dagang, hingga pandemi virus corona atau Covid-19.

“Secara langsung dampaknya itu memang tak terlalu signifikan, tapi berpengaruh terhadap daya beli masyarakat,” ucap Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat pertahanan Kementerian Perindustrian, kepada Kompas.com belum lama ini.

Berdasarkan data wholesales Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), Toyota Rush ternyata mendominasi penjualan Low SUV, periode Januari-Februari 2020.

Baca juga: Beli Mobil Bekas Taksi Bisa Langsung Upgrade?

 

Suzuki XL7KOMPAS.com/Ruly Suzuki XL7

Rinciannya pada Januari sebanyak 4.498 unit, dan Februari 3.296 unit. Jika ditotal Rush terdistribusi sebanyak 7.794 unit.

Di urutan kedua ada Xpander Cross yang bisa meraih total 3.706 unit, atau sebanyak 2.344 unit pada Januari dan 1.362 unit pada Februari.

Berselisih tipis di bawah Xpander Cross, Terios mampu mendapat 3.005 unit, dengan raihan 1.394 unit pada Januari dan 1.611 unit pada Februari.

Baca juga: Cara Sederhana Bunuh Bakteri di Kabin Mobil untuk Cegah Corona

 

Honda BR-V saat menelusuri sejumlah sentra batik dalam acara Merapah 5 Warisan Budaya Batik.kompas.com Honda BR-V saat menelusuri sejumlah sentra batik dalam acara Merapah 5 Warisan Budaya Batik.

Sementara XL7 yang baru meluncur di awal tahun, harus puas menempati urutan keempat. Padahal capaian pada Februari sanggup menghasilkan 2.220 unit, yang lebih banyak dari Terios maupun Xpander Cross.

Namun karena pada Januari meraih 635 unit, alhasil secara total XL7 hanya sanggup mengumpulkan 2.855 unit.

Lantas, di urutan terakhir terdapat BR-V yang hanya terdistribusi 585 unit pada dua bulan pertama tahun 2020. Pada Januari lalu model ini mendapat 302 unit, sedangkan pada Februari 283 unit.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X