Cegah Corona, Ini Komponen di Motor yang Wajib Dibersihkan

Kompas.com - 03/04/2020, 11:22 WIB
Ilustrasi cuci motor afifmotor.files.wordpress.comIlustrasi cuci motor
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com -  Sepeda motor menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tetapi, dalam kondisi seperti ini atau pandemi corona tentunya ada penerapan saat mengendarainya. Terutama, sebelum melakukan aktivitas menggunakan kendaraan roda dua tersebut.

Membersihkan motor menjadi kegiatan wajib yang dilakukan untuk menjaga agar kondisinya tetap bersih dan aman dari penyebaran virus covid-19.

Dokter Arina Hidayati menyarankan agar lebih sering membersihkan benda-benda yang sering dipegang, termasuk sepeda motor.

Baca juga: Restorasi Yamaha 125Z Habiskan Lebih dari Rp 50 juta

“Sering-sering bersihkan motor, kalau perlu bagian motor yang sering kita pegang seperti jok, stang atau kemudi disemprot menggunakan disinfektan sebelum dikendarai,” katanya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Petugas menyemprotkan larutan disinfektan kepada penumpang yang turun dari kapal KMP Gajah Mada di Penyeberangan Ujung-Kamal, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (28/3/2020). Kegiatan itu untuk mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/ama.ANTARA FOTO/Didik Suhartono Petugas menyemprotkan larutan disinfektan kepada penumpang yang turun dari kapal KMP Gajah Mada di Penyeberangan Ujung-Kamal, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (28/3/2020). Kegiatan itu untuk mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19). ANTARA FOTO/Didik Suhartono/ama.

Dokter yang bertugas di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Surakarta itu menambahkan, disinfektan yang disemprotkan pada kendaraan tentunya yang menggunakan bahan aman.

“Jangan sampai menggunakan bahan yang justru membuat besi kendaraan menjadi berkarat jadi gunakan bahan yang aman untuk besi,” ujarnya.

Selain menjaga kebersihan kendaraan, Arina juga mengatakan, menjaga kebersihan tangan maupun pakaian yang digunakan saat berkendara juga sangat penting dilakukan.

Baca juga: Catat, Ini Arti Angka pada Tutup Radiator Mobil

Untuk itu, Dia menyarankan, sebelum dan sesudah mengendarai motor perlu membersihkan bagian-bagian yang dipegang.

“Termasuk juga sering-sering mencuci tangan setelah memegang benda-benda di sekitar. Setelah sampai rumah, jangan pegang benda apapun,jangan bersandar langsung ganti baju,cuci tangan,kaki dan muka kalau perlu mandi,” ujarnya.

Lebih baik mengemudi defensif dari pada agresif Glori Wadrianto Lebih baik mengemudi defensif dari pada agresif

Arina juga mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, baju yang habis digunakan untuk tidak digantung. Melainkan langsung dicuci untuk mencegah kebersihannya.

“Jangan menggantung baju yang telah dipakai, lebih baik langsung dicuci,” kata Arina.

Dengan sering mencuci menggunakan sabun atau menyemprotkan cairan disinfektan bisa mencegah penyebaran virus mematikan covid-19.

Baca juga: Mobil Tidak Dipakai Lama, Lebih Baik Aki Dicabut atau Tidak?

“Jadi virus ini bisa inaktif dengan penggunaan alkohol, klorin, ataupun pelarut lemak seperti detergen, sabun dan lain-lain,” ujarnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X