Industri Otomotif Indonesia Mulai Persiapan Produksi Ventilator

Kompas.com - 03/04/2020, 07:02 WIB
Investasi terus digelontor Toyota untuk membangun merek di Indonesia. KompasOtomotif-Donny AprilianandaInvestasi terus digelontor Toyota untuk membangun merek di Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Permintaan pemerintah agar industri otomotif memproduksi alat bantu pernapasan atau ventilator guna membantu penanggulangan pandemi virus corona (Covid-19) mendapat sambutan baik.

Kementerian Perindustrian ( Kemenperin) menyebut, kini sudah ada perusahaan otomotif dalam negeri yang mulai mengambil tindakan ke sana. Mereka akan menggandeng beberapa industri pemasok serta lembaga pendidikan dan penelitian terkait.

"Telah ada perusahaan industri otomotif yang menindaklanjuti bekerja bersama dengan industri suppliers otomotif untuk melakukan reversed enginering pengembangan prototype ventilator," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin Putu Juli Ardika saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Kamis (2/4/2020).

Baca juga: Imbas Corona, Honda Stop Sementara Produksi Mobil di RI

Proses produski pabrik Honda di Sayama Proses produski pabrik Honda di Sayama

"Perusahaan Industri otomotif tersebut juga telah mengidentifikasikan ada beberapa tim di lembaga pendidikan dan penelitian yang sedang bekerja mengembangkan ventilator," lanjutnya.

Meski belum disebutkan secara pasti rencana alokasi waktu penyelesaiannya, Putu menyatakan bahwa Kemenperin akan mendukung supaya rencana itu bisa segera terwujud.

"Besok akan ada perbincangan lebih lanjut antara Menteri Perindustrian dengan tim dan asosiasi (Gaikindo)," ujar Putu.

Baca juga: Daftar Harga Mobil Murah Bekas April 2020, Mulai Rp 60 Jutaan

ilustrasi ventilatorshutterstock ilustrasi ventilator

Dikonfirmasi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengamini wacana tersebut. Adapun hal-hal yang berkaitan dengan rencana produksi ventilator sedang dibincangkan lebih lanjut.

"Besok akan ada rapat dengan Menteri Perindustrian. Nanti kita bicarakan lagi usai rapat itu," ucapnya.

Bob Azam, Direktur Administrasi, Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan, Toyota mendukung rencana pemerintah untuk memproduksi ventilator. 

"Kami tengah menyiapkan rencana produksi ventilator bersama perusahaan pemasok. Kita sekaligus dorong industri komponen agar bisa berkembang," kata Bob kepada Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Baca juga: Ternyata Kaca Belakang Bus Punya Fungsi Ganda

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X