Cegah Penyebaran Virus Corona, Wajib Pakai Masker Saat Naik Motor

Kompas.com - 03/04/2020, 10:12 WIB
Pengguna jalan menggunakan masker yang dibagikan petugas kesehatan dari Puskesmas Cot Simeureung, Kecamatan Samatiga dan Layung, Kecamatan Bubon, Kabupaten Aceh Barat, menyusul kabut asap kebakaran hutan dan lahan gambut yang sangat pekat, Kamis (1/8/2019). Selain kepada pengguna jalan, masker juga dibagikan kepada siswa empat sekolah yang terdampak kabut asap di Kecamatan Samatiga, yang berada di Desa Suak Timah dan Desa Blang Bale. KOMPAS.com/RAJA UMARPengguna jalan menggunakan masker yang dibagikan petugas kesehatan dari Puskesmas Cot Simeureung, Kecamatan Samatiga dan Layung, Kecamatan Bubon, Kabupaten Aceh Barat, menyusul kabut asap kebakaran hutan dan lahan gambut yang sangat pekat, Kamis (1/8/2019). Selain kepada pengguna jalan, masker juga dibagikan kepada siswa empat sekolah yang terdampak kabut asap di Kecamatan Samatiga, yang berada di Desa Suak Timah dan Desa Blang Bale.
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com - Menjaga diri dari penyebaran virus corona atau covid-19 wajib dilakukan. Salah satunya, dengan membatasi aktivitas di luar rumah dan tetap menjaga jarak dengan orang lain.

Hal ini tidak hanya dilakukan saat beraktivitas di rumah, tetapi juga ketika berkendara menggunakan sepeda motor. Mengingat, penyebaran virus yang pertama kali muncul dari Wuhan, China ini tidak bisa terdeteksi.

Untuk menjaga diri saat berkendara, perlu juga menggunakan sejumlah alat pengaman. Selain wajib menggunakan helm, pengendara juga disarankan untuk menggunakan masker.

Baca juga: Alasan Scorpio 2002 Banyak Diburu dan Harganya Paling Mahal

Salah satu dokter yang bertugas di PMI Cabang Kota Surakarta, Arina Hidayati, menggunakan masker disarankan saat berkendara sepeda motor.

Warga menggunakan masker saat beraktivitas di hari bebas kendaraan di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020). Sosialisasi dilakukan di empat titik yakni Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia (HI), depan patung Kuda Arjuna Wiwaha, dan depan fX Sudirman.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Warga menggunakan masker saat beraktivitas di hari bebas kendaraan di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (8/3/2020). Sosialisasi dilakukan di empat titik yakni Sarinah, Bundaran Hotel Indonesia (HI), depan patung Kuda Arjuna Wiwaha, dan depan fX Sudirman.

Masker yang dipakai berbahan kain saja sementara ini masih cukup,” katanya saat dihubungi kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Sementara untuk kaos tangan, Arina mengatakan, hal itu bergantung dari kenyamanan pengendara sepeda motor.

Mengingat, untuk menjaga kebersihan tangan dan mengantisipasi penyebaran covid-19 cukup dengan mencuci bersih tangan menggunakan sabun.

“Kalau kaos tangan tergantung keperluan juga, bisa iya bisa tidak. Kalau memang tidak mau kepanasan ya pakai sarung tangan, kalau hubungannya dengan covid-19 asalh sering cuci tangan Insya Allah aman,” ujarnya.

Baca juga: Restorasi Yamaha 125Z Habiskan Lebih dari Rp 50 juta

Dengan catatan, perilaku dengan tetap menjaga jarak atau physical distancing tetap diterapkan.

Terpisah, dokter umum Sumartono Kardjo mengatakan, jika menggunakan masker saat berkendara adalah sebagai bentuk antisipasi terjadinya kontak droplet.

Pengendara motor masuk ke jalan MH Thamrin Kamis (11/1/2017). Pembatalan pergub pembatasan sepeda motor membuat kedua ruas jalan kembali dilewati roda dua.Kompas.com/Setyo Adi Pengendara motor masuk ke jalan MH Thamrin Kamis (11/1/2017). Pembatalan pergub pembatasan sepeda motor membuat kedua ruas jalan kembali dilewati roda dua.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X