Pertamina Mulai Perbanyak Pembayaran Non-Tunai di SPBU

Kompas.com - 03/03/2020, 14:22 WIB
Petugas melayani pembeli bahan bakar minyak jenis baru, Pertalite, di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) hari ini mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp 8.400 per liter. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOPetugas melayani pembeli bahan bakar minyak jenis baru, Pertalite, di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) hari ini mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp 8.400 per liter.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) terus meningkatkan digitalisasi di jaringan SPBU yang dikelolanya di seluruh Indonesia. Penyelesaian proses digitalisasi ditargetkan selesai pada pertengahan 2020.

Sampai akhir Februari lalu, sudah 3.814 SPBU yang melakukan instalasi dasbor, atau sekitar 70 persenya. Sementara untuk instalasi Automatic Tank Gauge (ATG) sudah mencapai 76 persen atau 4.216 SPBU.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, adanya digitalisasi juga dapat memberikan manfaat bagi konsumen mengenai kepastian takaran dan meningkatkan pengawasan penyaluran BBM.

Baca juga: Konvoi BMW Tabrakan Beruntun, Ini Aturan Konvoi di Jalan Raya

"Digitalisasi SPBU bertujuan meningkatkan layanan kepada pelanggan setia Pertamina sehingga menjadi lebih aman, mudah, dan cepat. Ini juga merupakan bagian dari digitalisasi di seluruh lini bisnis Pertamina dari hulu hingga hilir sebagai jawaban dari tantangan era digitalisasi," kata Fajriyah dalam keterangan resminya, Senin (2/3/2020).

Petugas memeriksa alat pengisi bahan bakar minyak jenis baru, Pertalite RON 90, sebelum peluncuran di SPBU Coco, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu (22/7/2015). PT Pertamina (Persero) akan menjual Pertalite RON 90 pertama kali pada Jumat, 24 Juli mendatang di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.TRIBUN NEWS / IRWAN RISMAWAN Petugas memeriksa alat pengisi bahan bakar minyak jenis baru, Pertalite RON 90, sebelum peluncuran di SPBU Coco, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Rabu (22/7/2015). PT Pertamina (Persero) akan menjual Pertalite RON 90 pertama kali pada Jumat, 24 Juli mendatang di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Adanya proses digitalisasi dilakukan sebagai langkah pengawasan kondisi stok dan penjualan BBM secara real time, sehingga bila ada kekurangan bisa lebih diantisipasi. Hal ini masuk dalam aspek aman yang dimaksud sebelumnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan untuk kemudahan dan cepat, lebih terkiat pelayanan yang kini sudah ditunjang dengan pembayaran transaksi non tunai atau cashless.

Baca juga: Pantau BBM Subsidi, Pertamina Kejar Digitalisasi

Perlahan masyarakat Kepulauan Riau mulai sadar atas manfaat bahan bakar minyak (BBM) berkualitas, hal ini terbukti dari meningkatnya penggunaan partalite hingga 33 persen selama momen natal 2019 dan tahun baru 2020 di Kepulauan Riau (Kepri).KOMPAS.COM/HADI MAULANA Perlahan masyarakat Kepulauan Riau mulai sadar atas manfaat bahan bakar minyak (BBM) berkualitas, hal ini terbukti dari meningkatnya penggunaan partalite hingga 33 persen selama momen natal 2019 dan tahun baru 2020 di Kepulauan Riau (Kepri).

Seperti diketahui, Pertamina sudah mulai menggalakan pembayaran non tunai sejak beberapa tahun lalu, dengan beragam metode seperti pembayaran melalui debit atau via aplikasi.

"Sejalan dengan trend life style yang mengarah ke cashless, pembayaran non tunai dengan aplikasi MyPertamina pun lebih banyak manfaatnya. Selain cepat dan mudah, terdapat poin yang bisa dikumpulkan untuk mengikuti berbagai program penawaaran bagi konsumen," ujar Fajriyah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.