Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pertamina Mulai Perbanyak Pembayaran Non-Tunai di SPBU

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) terus meningkatkan digitalisasi di jaringan SPBU yang dikelolanya di seluruh Indonesia. Penyelesaian proses digitalisasi ditargetkan selesai pada pertengahan 2020.

Sampai akhir Februari lalu, sudah 3.814 SPBU yang melakukan instalasi dasbor, atau sekitar 70 persenya. Sementara untuk instalasi Automatic Tank Gauge (ATG) sudah mencapai 76 persen atau 4.216 SPBU.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, adanya digitalisasi juga dapat memberikan manfaat bagi konsumen mengenai kepastian takaran dan meningkatkan pengawasan penyaluran BBM.

"Digitalisasi SPBU bertujuan meningkatkan layanan kepada pelanggan setia Pertamina sehingga menjadi lebih aman, mudah, dan cepat. Ini juga merupakan bagian dari digitalisasi di seluruh lini bisnis Pertamina dari hulu hingga hilir sebagai jawaban dari tantangan era digitalisasi," kata Fajriyah dalam keterangan resminya, Senin (2/3/2020).

Adanya proses digitalisasi dilakukan sebagai langkah pengawasan kondisi stok dan penjualan BBM secara real time, sehingga bila ada kekurangan bisa lebih diantisipasi. Hal ini masuk dalam aspek aman yang dimaksud sebelumnya.

Sedangkan untuk kemudahan dan cepat, lebih terkiat pelayanan yang kini sudah ditunjang dengan pembayaran transaksi non tunai atau cashless.

Seperti diketahui, Pertamina sudah mulai menggalakan pembayaran non tunai sejak beberapa tahun lalu, dengan beragam metode seperti pembayaran melalui debit atau via aplikasi.

"Sejalan dengan trend life style yang mengarah ke cashless, pembayaran non tunai dengan aplikasi MyPertamina pun lebih banyak manfaatnya. Selain cepat dan mudah, terdapat poin yang bisa dikumpulkan untuk mengikuti berbagai program penawaaran bagi konsumen," ujar Fajriyah.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/03/03/142200515/pertamina-mulai-perbanyak-pembayaran-non-tunai-di-spbu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke