Mengenal Jenis Tambal Ban dan Fungsinya

Kompas.com - 01/03/2020, 17:04 WIB
Tipe kembangan ban mobil jenis basic patter atau dasar. model ini bisa dirotasi dari kiri ke kanan maupun depan ke belakang. PT Gajah TunggalTipe kembangan ban mobil jenis basic patter atau dasar. model ini bisa dirotasi dari kiri ke kanan maupun depan ke belakang.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Masalah ketika mengemudikan mobil cukup beragam. Mulai sektor mesin, hingga faktor lain seperti mengalami permasalahan soal ban. Bisa saja, saat melakukan perjalanan tiba-tiba ban kempis, karena bocor sehingga perjalanan menjadi terganggu.

Mau tidak mau ban yang rusak harus diganti menggunakan cadangan yang tersedia. Selain mengganti, untuk sementara dapat melakukan tambal.

Sebelum menutup lubang pada karet pembungkus pelek, perlu juga diketahui mengenai tipe tambal ban. Sekarang ini setidaknya ada dua jenis atau metode untuk menutup lubang pada karet ban.

Pertama, yakni dengan metode tambal payung dan juga dengan tambal cacing. Dua tipe ini mempunyai perbedaan dalam hal proses penambalan.

Baca juga: Cara Aman Ganti Ban Mobil Sendiri untuk Wanita

On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal, Zulpata Zainal mengatakan, untuk melakukan tambalan ban yang terbaik adalah dengan metode tambalan payung.

Ilustrasi tambal ban pinggir jalan yang biasa menawarkan jasa tambal model tusukGridOto.com Ilustrasi tambal ban pinggir jalan yang biasa menawarkan jasa tambal model tusuk

“Kalau bocor pada telapak atau kerusakan dengan dimensi tertentu masih bisa ditambal. Dan tambalan yang terbaik adalah tambalan dari dalam ban atau istilah umumnya tambalan payung,” katanya kepada Kompas.com, Minggu (1/3/2020).

Tambalan dengan metode ini, Zulpata melanjutnya, dengan menutup lubang pada ban yang rusak dari dalam. Dengan cara ini, maka prosesnya ban harus dilepaskan dulu dari peleknya.

Sedangkan untuk tambalan metode tusuk dari luar atau yang biasa dikenal dengan nama tambal cacing tidak begitu direkomendasikan. Penutupan lubang ban dengan cara ini hanya diperuntukkan sementara saja.

Baca juga: 4 Penyebab Keausan Ban Mobil Tidak Merata

Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia Fachrul Rozi, mengatakan tambal ban cacing atau model tusuk cukup diminati. Salah satunya karena harganya yang terjangkau.

Penyedia jasa tambal ban dari Jalan Sriwijaya 4 sengaja dipanggil ke Jalan Raden Patah 1 untuk memasang pentil dan memompa ban kendaraan yang digembosi dalam penertiban parkir liar di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, (7/10/2013).KOMPAS.com/SONYA SUSWANTI Penyedia jasa tambal ban dari Jalan Sriwijaya 4 sengaja dipanggil ke Jalan Raden Patah 1 untuk memasang pentil dan memompa ban kendaraan yang digembosi dalam penertiban parkir liar di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, (7/10/2013).

Padahal metode ini hanya dianjurkan untuk sementara saja. Jika dalam jangka waktu lama bisa membahayakan buat pemilik kendaraan itu sendiri.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X