4 Penyebab Keausan Ban Mobil Tidak Merata

Kompas.com - 29/02/2020, 13:22 WIB
TWI ban mobil FathanTWI ban mobil
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com- Ban merupakan komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan. Seiring masa penggunaan kendaraan, ketebalan ban juga akan berkurang.

Terlebih jika kendaraan sering digunakan untuk berbagai aktivitas sehari-hari. Tetapi, ternyata untuk umur karet pembungkus pelek ini ternyata tidak sama.

Tidak meratanya tingkat keausan ban mobil ini menjadi hal yang lumrah terjadi. Maka dari itu, opsi rotasi ban menjadi salah satu pilihan agar habisnya karet ban merata.

Berikut penyebab yang membuat tingkat keausan ban mobil tak merata.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Ban Mobil Harus Istirahat saat Perjalanan Jauh?

Cara berkendara

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengemudikan mobil sembari berkencan bersama sang istri, Tun Siti Hasmah Mohamad Ali, ke Kuala Lumpur Sabtu (23/11/2019).Twitter/DRMAHATHIRMOHAMAD via The Straits Times Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengemudikan mobil sembari berkencan bersama sang istri, Tun Siti Hasmah Mohamad Ali, ke Kuala Lumpur Sabtu (23/11/2019).

Setiap orang mempunyai cara berkendara yang berbeda. Ada yang agresif, ada yang santai dan ada tipe pengemudi lainnya.

Ternyata cara berkendara ini turut berpengaruh pada umur ban mobil. On Vehicle Test (OVT) Manager PT Gajah Tunggal Zulpata Zainal mengatakan, sudah menjadi hal wajar jika umur ban mobil tidak bisa habis secara bersamaan.

Meskipun awalnya keempat ban mobil dibeli secara bersamaan dengan merek dan tipe ban yang sama.

“Cara berkendara seseorang juga berpengaruh pada keausan ban yang tidak merata. Kecepatan, akselerasi yang berebihan juga berpengaruh,” katanya kepada Kompas.com, Sabtu (29/2/2020).

Baca juga: Rotasi Ban Mobil Jangan Sembarangan, Ini Aturannya

Beban kendaraan

Ilustrasi bagasi mobil yang overloadwww.drivespark.com Ilustrasi bagasi mobil yang overload

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X