Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/03/2020, 14:25 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah baut dan ukuran pelek tiap mobil bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung pada berat total serta dimensi kendaraan itu sendiri.

Didi Ahadi, Technical Support Manager PT Toyota Astra Motor menyebut, pada kendaraan kecil biasanya jumlah baut pada pelek yang terpasang adalah 3 baut atau 4 baut.

Sementara kendaraan kelas Sport Utility Vehicle (SUV), biasanya menggunakan pelek 6 baut sampai 8 baut.

"Ini berkaitan dengan estetika kendaraan itu sendiri. Namun rata-rata seperti itu, karena pemasangan baut dan ukuran pelek tergantung pada beban mobil terkait," kata Didi kepada Kompas.com, Jakarta, Minggu (1/3/2020).

Baca juga: Kenapa Jumlah Baut Pelek di Mobil Beda-beda?

Merawat pelek mobilStanly/Otomania Merawat pelek mobil

Artinya, semakin banyak baut yang terpasang maka semakin kuat pula kendaraan tersebut bisa mengangkut beban. Lantas, apakah bisa berpengaruh secara tak langsung pada performa mobil?

"Bisa, karena performa kendaraan ada kaitannya dengan bobot kendaraan itu sendiri (semakin besar maka tenaga semakin lemah). Begitu juga dengan ukuran pelek, semakin besar maka semakin berat untuk angkatan pertamanya," ujar Didi.

Senada dengan pernyataan itu, Owner Permaisuri Ban, Wibowo Santosa menyatakan bahwa setiap pelek memiliki load rating atau batas beban yang bisa ditampung. Jika beban itu besar, maka tenaga yang dihasilkan dari mobil berkurang.

"Pengaruhnya itu kepada tenaga yang dihasilkan, bukan kekuatan mobil. Biasanya, mobil yang bertenaga kecil Pitch Circle Diameter (PCD) atau jarak lubang antar baut-nya kecil. Bautnya pun lebih sedikit, mungkin supaya tidak terlalu berat," kata dia.

Baca juga: Ini Efek Buruk jika Asal Modifikasi Pelek Mobil

Ilustrasi Pelek Ban MobilKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi Pelek Ban Mobil

Oleh sebab itu, pergantian pelek tidak boleh sembarangan. Jika tidak dilakukan oleh ahli yang berpengalaman, selain bisa mengorbankan kenyamanan pergantian pelek sembarangan dapat membuat pengeluaran bertambah.

"Semakin berat beban di mobil mengakibatkan konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Jadi pertimbangkan kalau ingin mengganti pelek dengan ukuran yang lebih besar. Disarankan, maksimum 2 inci di atas standar," kata Didi.

"Tapi ingat, segala bentuk pergantian atau modifikasi bisa menghanguskan asuransi untuk bagian terkait," lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com