Kenapa Jumlah Baut Pelek di Mobil Beda-beda?

Kompas.com - 01/03/2020, 12:01 WIB
Generasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Menggunakan pelek ukuran 15 inci, sebelumnya 14 inci. Febri Ardani/KompasOtomotifGenerasi ketiga Daihatsu Sirion meluncur di Jakarta, Selasa (13/1/2018). Menggunakan pelek ukuran 15 inci, sebelumnya 14 inci.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbedaan dimensi, bobot, hingga tenaga pada kendaraan bermotor mempengaruhi berbagai komponen yang disematkan. Salah satunya adalah bagian kaki-kaki, yakni pelek dan ban.

Tidak hanya ukurannya saja, jika diperhatikan tiap mobil memiliki jumlah baut pelek yang berbeda-beda. Ada yang hanya menggunakan 3 baut, 4 baut, 5 baut, bahkan sampai 8 baut ke atas.

"Jumlah baut pada pelek mobil itu tergantung pada beban dan tenaga yang dihasilkan. Oleh sebab itu mobil kecil biasanya hanya pakai 3 baut sampai 4 baut saja. Sementara truk, yang bebannya lebih besar, sampai 8 baut ke atas," ucap Wibowo Santosa, pemilik toko pelek dan ban ternama di Jalan Mahakam, Jakarta Selatan, Permaisuri Ban, saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Minggu (1/3/2020).

Baca juga: Cari Mobil Diesel Bekas, Masih Ada yang Lebih Murah dari Panther

Ilustrasi Pelek Ban MobilKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi Pelek Ban Mobil

Pelek, lanjut dia, juga memiliki load rate atau batas atas beban yang bisa ditampung. Jika tak sesuai, maka akan membuat performa kendaraan serta kenyamanan berkendara tidak optimal.

"Hal ini juga berlaku untuk ban yang terpasang. Beban berpengaruh pada kedua komponen kaki-kaki tersebut," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kesempatan terpisah, Eksekutif Koordinator Teknisi dan Servis PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi juga mengimbau agar pemilik kendaraan jangan menyepelekan batas atas bobot di mobil.

"Benar, jumlah baut dan ukuran pada pelek itu pengaruhnya ke bobot kendaraan. Oleh sebab itu, jangan sampai beban pada kendaraan melebihi batas atasnya. Bisa-bisa mobil terkait akan sulit dikendalikan karena pelek bermasalah atau bannya pecah halus," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.