Kata Yamaha soal Harga RX-King Bekas yang Makin Mahal

Kompas.com - 28/02/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi Yamaha RX-King OLXIlustrasi Yamaha RX-King

JAKARTA, KOMPAS.comYamaha RX-King memang fenomenal, meski sudah berstatus sebagai motor bekas, harganya terus meningkat.

Sulit menakar harga jual sepeda motor yang dulu identik dengan "motor jambret" atau kendaraan kelas pekerja ini.

Di pasaran, penjual RX-King mempunyai patokan yang berbeda-beda. RX-King tahun tua belum tentu lebih mahal daripada yang muda.

Sementara RX-King yang masih dalam keadaan standar belum tentu lebih mahal dari yang sudah dimodifikasi.

Namun, secara umum, mahal atau murahnya RX-King ditentukan berdasarkan tingkat orisinalitas komponen yang digunakan, hingga odometer yang masih rendah, khususnya untuk model yang dijual hingga puluhan juta rupiah.

Baca juga: Adab Ketika Ingin Menyalip Truk atau Bus

Beberapa motor Yamaha RX King yang dijual di diler motor bekas Yanto Motor, Pancoran Mas, Depok, Rabu (31/1/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Beberapa motor Yamaha RX King yang dijual di diler motor bekas Yanto Motor, Pancoran Mas, Depok, Rabu (31/1/2018).

“Harganya sudah tidak menentu sekarang. Saya dapat Rp 11 juta, tapi itu masih bahan, mesti banyak ganti. Kalau kondisi bagus tergantung yang jual, bisa Rp 20 juta, bahkan lebih,” ujar Yusuf Arief, salah satu pehobi RX-King, kepada Kompas.com belum lama ini.

Di pasaran, RX-King memang ditawarkan dengan harga bervariasi. Namun, umumnya dijual di rentang harga Rp 10 jutaan hingga Rp 20 jutaan.

Namun, untuk model dengan kondisi hampir baru atau new old stock (NOS), bisa ditawarkan Rp 50 juta bahkan hingga Rp 100 juta di beberapa situs jual beli online.

Baca juga: Biaya Ubah Status Warna Kendaraan di STNK dan BPKB

Yamaha RX-King menjadi salah satu sepeda motor yang bisa dijadikan investasi.indo-modif Yamaha RX-King menjadi salah satu sepeda motor yang bisa dijadikan investasi.

Antonius Widiantoro, Public Relation Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing ( YIMM), mengatakan, harga sepeda motor bekas yang makin lama makin mahal merupakan fenomena tersendiri.

Baca juga: Hitung Harga OTR Kawasaki Ninja 250 4 Silinder

“Fenomenanya kalau semakin susah dicari, harga akan semakin tinggi, RX-King seperti itu. Jadi itu sudah hukum pasar, siapa yang bisa kontrol harga motor bekas?” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (26/2/2020).

Menurut Anton, bahkan diler utama Yamaha di Medan telah membaca fenomena ini menjadi peluang bisnis, dengan menjual RX-King versi restorasi, tetapi dengan komponen orisinal.

“Jadi dia (diler) beli, dia restorasi lagi, dan dijual kembali. Mereka jual seperti pedagang motor bekas, ada yang dijual Rp 30 juta, bahkan ada yang sampai Rp 50 juta. Dan itu tanpa tawar-menawar, kalau konsumen tertarik dan setuju, silakan dibawa,” katanya.

Yamaha memutuskan untuk menghentikan produksi RX-King pada 2008 silam, setelah generasi terakhir diluncurkan pada 2002.

Salah satu alasannya tentu saja regulasi emisi, di mana RX-King memang masih mengadopsi sistem 2-tak yang identik dengan asap. Selain itu, tren sepeda motor juga sedang beralih ke skutik.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X